Bagaimana tips memilih krim wajah yang mengandung ceramide?

memilih krim wajah yang mengandung ceramide

Ceramide adalah tipe molekul yang kaya lemak, memberi perlindungan pada kulit dari infeksi dan menjaga kelembapannya dari dalam.

Bagaimana tips memilih krim wajah yang mengandung ceramide?

Apakah Anda sedang mengalami masalah kulit kering pada wajah? Banyak orang dengan masalah kulit kering memilih krim wajah yang mengandung ceramide untuk mengatasi permasalahan kulitnya. Beberapa merek produk kecantikan terkenal seperti Laneige, COSRX, dan Dr. Jart+ juga menjual krim wajah yang mengandung ceramide.

Setiap merek memiliki karakteristik berbeda sehingga banyak dari Anda bingung untuk memilih krim mana yang tepat. Untuk itu, kami akan membahas beberapa tips memilih krim wajah dengan kandungan ceramide

Perbedaan lotion dengan krim yang mengandung ceramide


Perbedaan lotion dengan krim yang mengandung ceramide

Ceramide adalah suatu komponen yang ditemukan secara alami pada kulit manusia. Ceramide berfungsi untuk memproteksi kulit dan mempertahankan kelembapan kulit. Dibandingkan dengan kolagen dan hyaluronic acid, ceramide mampu mempertahankan kelembapan di bagian terluar lapisan kulit (stratum corneum) lebih lama. Bisa dibilang, ceramide merupakan bahan yang sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, kandungan ceramide pada kulit juga semakin berkurang dan inilah yang menyebabkan kulit terlihat kasar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Di antara banyak produk yang mengandung ceramide, produk dalam bentuk krim adalah yang paling disarankan. Ceramide sulit larut dalam air sehingga konsentrasi formulanya akan berkurang jika dibuat dalam bentuk lotion. Di sisi lain, ceramide sangat mudah meleleh pada bentuk krim sehingga dengan konsentrasi yang tinggi bisa melembapkan kulit dengan baik.

Jadi, cara terbaik menggunakan ceramide adalah dalam bentuk krim. Jika Anda khawatir dengan masalah kulit seiring bertambahnya usia, segera periksa ke dokter kulit!

Berikut ini akan kami paparkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih krim ceramide. Silakan simak dengan saksama beberapa tips-nya berikut ini!

Untuk melembapkan kulit wajah, pilihlah ceramide human type


Untuk melembapkan kulit wajah, pilihlah ceramide human type

Secara umum, ceramide dibagi menjadi empat kategori, yakni human type, natural type, plant type, dan similar type. Saat memilih krim ceramide, pilihlah human type ceramide.

Human type ceramide adalah ceramide yang dibuat menggunakan ragi, tetapi memiliki struktur yang mirip dengan ceramide pada kulit manusia. Oleh karena itu, kulit Anda akan merasa familier dengan karakteristiknya sehingga tidak hanya baik dalam melembapkan dan penetrasinya ke dalam kulit, tetapi juga tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, tipe ceramide lainnya kurang memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam krim atau kurang efektif bila dibandingkan dengan yang human type. Jadi, sebisa mungkin pilihlah krim yang mengandung human type ceramide.

Sedikit informasi tambahan, ada lima macam human type ceramide yang sering dimasukkan dalam kosmetik, yakni ceramide 1, 2, 3 , 5, dan 6 II. Namun, ceramide 2 adalah tipe yang agak sensitif terhadap kulit. Selain memilih human type secara umum, perhatikan juga tipe human type-nya secara spesifik.

Periksalah jumlah kandungan ceramide yang dimiliki suatu produk


Periksalah jumlah kandungan ceramide yang dimiliki suatu produk

Tidak hanya jenis ceramide tetapi berapa banyak kandungan ceramide dalam suatu produk juga perlu diperhatikan. Sayangnya, banyak produk yang tidak mencantumkan informasi tersebut secara spesifik. Untuk mengeceknya, Anda bisa memeriksa berdasarkan urutannya di keterangan bahan.

Pada umumnya tampilan bahan diurutkan berdasarkan kandungan komponen yang paling besar. Dapat dikatakan, bila kandungannya relatif besar, ceramide akan ditempatkan di urutan awal. Sampai saat ini belum ada standar pasti berapa persen seharusnya jumlah kandungan ceramide dalam krim, tetapi jika Anda menginginkan efek yang jelas maka periksalah urutannya dengan teliti!

Periksalah kandungan lain yang terdapat dalam suatu produk selain ceramide


Saat memilih krim ceramide, perhatikan juga kandungan lainnya. Beberapa kandungan lain bisa bekerja sama dengan ceramide dan memberikan efek yang baik pada kulit, misalnya bahan pelembap atau anti-aging.

1. Perhatikan bahan pelembap lainnya yang bekerja sinergis dengan ceramide

Perhatikan bahan pelembap lainnya yang bekerja sinergis dengan ceramide

Dalam memilih krim ceramide, perhatikan juga bahan pelembap lainnya yang memberikan efek sinergis sehingga bisa menghasilkan manfaat lebih baik lagi bagi kulit.

Ceramide merupakan bahan pelembap yang memiliki efek untuk memproteksi lapisan kulit dan menjaga kelembapannya. Selain ceramide, ada beberapa bahan lain yang juga berfungsi melembapkan kulit, misalnya collagen dan hyaluronate acid yang mampu menyerap kelembapan kulit dari dalam. Di sisi lain, ada juga asam amino dan gliserol yang mempertahankan kelembapan kulit dari luar. Masing-masing bahan mampu menjaga kelembapan kulit dengan caranya sendiri.

Dengan beberapa bahan pelembap tersebut, diharapkan ada efek yang sinergis bersama ceramide dalam melembapkan kulit Anda. Oleh karena itu, saat memilih krim yang mengandung ceramide, perhatikan juga bahan-bahan pelembap lainnya!

2. Perawatan anti-aging dan ceramide adalah kombinasi yang baik

Perawatan anti-aging dan ceramide adalah kombinasi yang baik

Ceramide sangat cocok dipadukan dengan bahan-bahan yang memiliki efek untuk perawatan anti-aging. Beberapa contoh bahan anti-aging yang bisa dikombinasikan dengan krim ceramide adalah turunan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Turunan vitamin A (retinol) berfungsi untuk menormalisasi regenerasi kulit, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sedangkan vitamin E meningkatkan penyerapan ceramide ke dalam kulit. Oleh karena itu, periksalah kandungan lainnya yang mengandung sifat anti-aging agar manfaatnya lebih maksimal!