Bagaimana tips memilih eyeshadow powder?

tips memilih eyeshadow powder

Beberapa eyeshadow powder merupakan jenis mineral. Eyeshadow powder jenis mineral direkomendasikan bagi Anda yang menyukai kosmetik alami dan memiliki kulit yang sensitif.

Bagaimana tips memilih eyeshadow powder?

Eyeshadow powder sangat diperlukan untuk mempercantik riasan mata. Ada berbagai jenis produk yang dijual di pasaran dengan keunggulan berbeda-beda dan dapat dipilih sesuai keinginan Anda. Namun, hal tersebut justru membingungkan terutama jika Anda baru pertama kali memilih eyeshadow powder. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara pemilihan eyeshadow powder yang tepat.

Mari perhatikan beberapa poin yang harus Anda periksa saat hendak memilih eyeshadow powder. Dengan begitu, Anda akan bisa memilih produk yang paling tepat untuk Anda.

Pilih berdasarkan bentuknya


Eyeshadow powder secara umum dibagi menjadi dua bentuk, yaitu pressed type dan loose type. Namun, ada juga yang berbentuk chip berukuran kecil seperti pena. Masing-masing jenis memiliki karakteristik tersendiri, silakan pilih yang paling cocok untuk Anda.

1. Pressed type, paling umum dan warnanya sangat beragam

Pressed type, paling umum dan warnanya sangat beragam

Bentuk eyeshadow powder yang paling umum adalah pressed type. Banyak produk yang tersedia di pasaran berasal dari jenis ini. Ada banyak pilihan seperti warna, tekstur, dan jenis produk sehingga mudah untuk memilih produk yang pas dengan Anda. Berhubung tipe ini di-press dengan kuat, Anda tidak perlu khawatir bubuknya mudah jatuh. Karena itu, jenis ini sangat cocok untuk dibawa bepergian.

2. Loose type, memberikan hasil akhir yang lembut

Loose type, memberikan hasil akhir yang lembut

Eyeshadow powder dengan bentuk loose type lebih banyak tersedia jika dibandingkan dengan mineral type dan chip type. Eyeshadow powder jenis ini memiliki karakteristik finishing yang lebih lembut dibandingkan dengan pressed type. Jika Anda menginginkan kesan yang lembut, silakan pilih jenis ini.

3. Chip type, mudah diaplikasikan dengan cepat

Chip type, mudah diaplikasikan dengan cepat

Ada juga eyeshadow powder berbentuk chip type yang mudah diaplikasikan pada kelopak mata secara keseluruhan. Kemudahan ini sangat berguna bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berias atau untuk memperbaiki riasan. Jadi, jenis ini dianjurkan bagi Anda yang ingin merias mata dengan cepat. Selain itu, ada beberapa produk chip type yang ditawarkan sepaket dengan 2 atau 3 produk makeup lain seperti eyeliner dan lainnya. Produk yang multifungsi ini akan sangat berguna dan praktis untuk dimasukkan ke dalam kantong makeup Anda.

Pilih berdasarkan jenis produknya


Selanjutnya mari pahami jenis-jenis produk yang ada. Silakan pilih sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

1. Jenis palet mudah untuk membuat gradasi warna

Jenis palet mudah untuk membuat gradasi warna

Jenis palet merupakan kumpulan beberapa warna yang sudah diatur sehingga konsumen mudah untuk membuat gradasi warna dan dapat menghasilkan riasan mata yang indah dengan satu produk. Jenis ini merupakan produk yang sangat pas untuk Anda miliki. Bagi Anda yang baru pertama kali membeli eyeshadow atau tidak begitu akrab dengan tata rias wajah, pemilihan jenis palet merupakan pilihan yang tepat.

2. Jenis warna tunggal untuk menghasilkan warna yang unik dan menantang

Jenis warna tunggal untuk menghasilkan warna yang unik dan menantang

Salah satu keuntungan dari eyeshadow powder dengan satu warna seperti ini adalah Anda dapat membeli warna-warna tertentu yang Anda inginkan dengan tepat. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk menghasilkan warna-warna yang menantang dan unik, seperti untuk menonjolkan aksen riasan. Selain itu, jenis ini juga memiliki bentuk yang lebih compact daripada jenis palet sehingga direkomendasikan bagi Anda yang memiliki pouch kecil.

Pilih berdasarkan hasil akhir


Hasil akhir dari eyeshadow powder juga merupakan salah satu poin yang harus Anda pertimbangkan. Meski warnanya sudah tertulis jelas, adanya efek shimmer tentu akan memberikan kesan yang berbeda. Jadi, silakan coba pilih sesuai kesukaan dan gaya makeup Anda.

1. Untuk kesan berkilau, pilih yang mengandung glitter atau pearl

Untuk kesan berkilau, pilih yang mengandung glitter atau pearl

Eyeshadow powder yang dicampur dengan pearl atau glitter sangat sempurna untuk Anda yang ingin menonjolkan kesan cantik pada mata. Tampilan akhir dari makeup Anda juga akan berbeda tergantung besar kecilnya glitter yang dicampurkan pada eyeshadow. Jadi, silakan gunakan sesuai situasi, Anda bisa memilih eyeshadow dengan glitter berukuran besar untuk pergi ke pesta atau glitter yang lebih halus untuk penggunaan sehari-hari.

2. Untuk kesan alami, pilih yang berwarna matte

Untuk kesan alami, pilih yang berwarna matte

Eyeshadow powder jenis matte tidak dicampur dengan pearl atau glitter sehingga sangat cocok untuk menghasilkan kesan riasan alami. Jenis ini cocok dipakai saat Anda ingin memakai riasan ringan seperti saat ke kampus, ke kantor, atau saat Anda rasa penggunaan eyeshadow ber-glitter akan terlihat berlebihan.

Pilih yang mengandung bahan kecantikan


Pilih yang mengandung bahan kecantikan

Sebagian produk eyeshadow powder mengandung bahan kecantikan seperti squalane, hyaluronic acid, cosmetic oil, dan bahan pelembap lain. Bagi Anda yang area matanya mudah kering, tentu penggunaan eyeshadow powder berpelembap akan sangat membantu. Jadi, periksalah bilamana produk pilihan Anda mengandung bahan-bahan pelembap seperti ini.

Pilih jenis mineral untuk kulit sensitif


Pilih jenis mineral untuk kulit sensitif

Beberapa eyeshadow powder merupakan jenis mineral. Eyeshadow powder jenis mineral direkomendasikan bagi Anda yang menyukai kosmetik alami dan memiliki kulit yang sensitif. Produk yang mengandung bahan mineral tidak terlalu susah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkannya dengan pembersih muka atau sabun saja.

Pilih yang dapat digunakan juga pada alis


Pilih yang dapat digunakan juga pada alis

Terdapat produk eyeshadow tipe matte yang dapat juga Anda gunakan untuk merias alis karena tidak menghasilkan efek berkilau. Kosmetik yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi seperti ini tentu sangat nyaman untuk dibawa-bawa atau untuk memperbaiki riasan. Produk yang multifungsi seperti ini juga mempermudah Anda untuk menyatukan riasan.