Bagaimana tips memilih deodorant untuk kulit sensitif?

deodorant untuk kulit sensitif

Bagaimana tips memilih deodorant untuk kulit sensitif?

Deodorant memang dapat menjadi solusi jitu untuk mengusir bau ketiak yang tidak sedap. Akan tetapi, orang-orang dengan kulit ketiak sensitif ragu menggunakan deodorant karena takut iritasi. Apabila Anda salah satunya, sebaiknya gunakan deodorant khusus untuk kulit ketiak sensitif.

Saat ini banyak perusahaan skin care ternama seperti The Body Shop, Dove, dan Rexona yang menawarkan deodorant untuk kulit sensitif. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih deodorant untuk kulit sensitif

Ciri-ciri kulit ketiak sensitif


Ciri-ciri kulit ketiak sensitif

Kulit ketiak yang sensitif biasanya mudah mengalami iritasi. Iritasi tersebut biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit ketiak. Apabila iritasi tersebut dibiarkan, jaringan kulit dapat menjadi rusak sehingga timbul luka. Hal ini akan menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman saat Anda bergerak.

Rasa gatal pada permukaan ketiak biasanya juga sering dialami oleh orang yang memiliki kulit ketiak sensitif. Pada beberapa kasus, kulit ketiak yang sensitif biasanya terasa sangat kering dan teksturnya kasar. Tidak sedikit pula kulit ketiak sensitif yang sangat kering mengalami pengelupasan kulit.

Penyebab kulit ketiak menjadi sensitif


Penyebab kulit ketiak menjadi sensitif

Penyebab ketiak yang sensitif secara garis besar dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu faktor genetik dan eksternal. Faktor genetik ini merupakan faktor yang dibawa sejak lahir. Orang dengan gen kulit sensitif biasanya memiliki jaringan kulit yang cenderung lebih tipis dan memiliki produksi kelenjar minyak sedikit. Alhasil, jaringan kulit akan mudah rusak dan timbul iritasi.

Sementara itu, faktor eksternal yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi sensitif antara lain suhu udara, bahan kimia, dan kebiasaan mencukur rambut ketiak. Suhu udara yang ekstrem yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat kulit ketiak menjadi kering dan mudah iritasi. Bahan kimia keras yang terdapat pada sabun atau lotion juga dapat merusak pH alami kulit sehingga menjadi sensitif.

Kebiasan mencukur rambut ketiak juga merupakan faktor yang paling sering membuat kulit ketiak menjadi sensitif dan teriritasi. Hal itu karena pada saat mencukur rambut ketiak, secara tidak sadar pisau cukur yang Anda gunakan juga akan mengikis lapisan pelindung kulit terluar.

Apabila Anda memiliki jenis kulit ketiak yang sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih deodorant agar tidak muncul iritasi. Untuk itu, agar tidak salah pilih, baca dengan saksama poin-poin berikut ini!

Pilih yang kandungannya tidak memicu iritasi


Kulit ketiak yang sensitif mudah bereaksi dengan bahan kimia yang bersifat keras. Untuk itu, sebaiknya memilih deodorant dengan kandungan yang bersifat ringan dan tidak memicu timbulnya iritasi.

1. Hindari deodorant dengan kandungan alkohol jenis etanol

Hindari deodorant dengan kandungan alkohol jenis etanol

Alkohol memang telah lama dikenal ampuh membunuh bakteri termasuk bakteri penyebab bau di ketiak. Akan tetapi, untuk Anda yang memiliki kulit ketiak sensitif sebaiknya menghindari pemakaian produk yang mengandung alkohol berjenis etanol.

Alkohol berjenis etanol ini memiliki sifat yang mendukung pelepasan air di kulit sehingga kulit menjadi kering dan mudah iritasi. Namun, ada jenis alkohol yang tetap aman untuk Anda yang memiliki ketiak sensitif seperti jenis stearyl alcohol & cetyl alcohol. Berbeda dengan alkohol jenis etanol, alkohol jenis ini bersifat melembapkan kulit.

2. Hindari deodorant dengan kandungan paraben

Hindari deodorant dengan kandungan paraben

Fungsi utama dari paraben adalah untuk memperpanjang masa pakai dari produk perawatan wajah atau tubuh serta mencegah timbulnya jamur dan bakteri. Meskipun memiliki manfaat yang baik, kandungan paraben ini kurang cocok untuk diaplikasikan pada kulit ketiak yang sensitif karena dapat memicu timbulnya iritasi. Selain itu, kandungan paraben ini dapat mengakibatkan alergi yang ditandai dengan rasa gatal di ketiak Anda.

3. Hindari deodorant dengan kandungan pewarna

Hindari deodorant dengan kandungan pewarna

Kandungan pewarna pada deodorant juga merupakan salah satu bahan yang sebaiknya Anda hindari. Pewarna pada deodorant memiliki sifat yang kurang ramah di kulit sehingga dapat memicu iritasi. Selain itu, kandungan pewarna pada deodorant dapat meninggalkan noda di pakaian jika terkena keringat.

4. Hindari deodorant dengan kandungan parfum yang kuat

Hindari deodorant dengan kandungan parfum yang kuat

Deodorant merupakan salah satu senjata ampuh untuk mengusir bau di ketiak. Tidak heran jika banyak orang yang cenderung memilih deodorant dengan wangi yang kuat. Namun, sebenarnya kandungan parfum atau pewangi yang kuat dapat memicu timbulnya iritasi di kulit ketiak Anda. Oleh karena itu, Anda yang memiliki kulit ketiak sensitif, sebaiknya menghindari kandungan parfum yang terlalu kuat pada deodorant. Apalagi deodorant langsung diaplikasikan ke kulit sehingga risiko terjadinya iritasi pada ketiak cukup besar.

Pilih yang mengandung whitening


Pilih yang mengandung whitening

Iritasi yang terjadi pada kulit ketiak sensitif tidak hanya dapat menimbulkan rasa perih dan gatal, tetapi juga dapat menyebabkan warna ketiak menjadi gelap. Hal ini tentunya kurang sedap dipandang mata dan dapat mengganggu penampilan Anda.

Apabila Anda sedang mengalami masalah tersebut, kami sarankan untuk memilih deodorant yang mengandung whitening seperti sunflower seed oil dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat mengembalikan warna alami kulit ketiak Anda dengan sangat baik.

Pilih yang mengandung bahan pelembap


Pilih yang mengandung bahan pelembap

Kulit ketiak yang sensitif sering kali mengalami dehidrasi sehingga terasa kering dan kasar. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit ketiak Anda. Agar kelembapan alami ketiak dapat selalu terjaga sebaiknya memilih produk dengan kandungan pelembap seperti glycerin atau moisturizing cream. Selain dapat memberikan kelembapan, kandungan tersebut juga efektif untuk menghaluskan permukaan kulit ketiak.

Pilih yang dapat memberikan efek kesejukan


Pilih yang dapat memberikan efek kesejukan

Untuk Anda yang memiliki kulit ketiak yang sangat sensitif biasanya akan sering mengalami rasa perih di ketiak. Rasa perih di ketiak tersebut tentunya sangat menyiksa karena saat Anda bergerak, kulit ketiak akan mengalami gesekan. Apabila Anda sering mengalami hal tersebut, sebaiknya pilih deodorant dengan bahan yang dapat menyejukkan dan menenangkan kulit seperti Aloe vera. Kandungan Aloe vera ini juga dapat mempercepat pemulihan luka di ketiak akibat iritasi.