Bagaimana tips memelihara burung hantu yang baru dibeli ?

burung-hantu-sebagai-partner

Bagi kolektor burung eksotik, burung hantu bisa dijadikan salah satu pilihan. Meski demikian, siapapun tetap bisa memelihara burung ini, khususnya untuk dijadikan partner atau sahabat di rumah. Yang penting harus rajin melatihnya dan memiliki beberapa pemahaman awal mengenai apa dan bagaimana burung hantu. Bagaimanakah tips dasar memelihara burung hantu?

Hari pertama

  1. Menyiapkan kandang yang cukup besar dan berjeruji di bawahnya, agar kotoran owl tidak terinjak atau mengotori badannya.
  2. Setelah mendapatkan burung hantu di rumah, maka owl langsung saya letakkan di kandang yang cukup besar untuk anjing dewasa, dan ditempatkan di ruangan yang relatif sepi (terasing), dan jarang dikunjungi keluarga yang lalu lalang, serta tempatnya dipastikan gelap pada malam hari (tidak ada sinar lampu), serta tidak terkena sinar matahari langsung.
  3. Berikan makanan hidup yang masih ada darahnya untuk owl kesayangan, tapi pastikan makanan tersebut tidak kabur (biasanya saya sayat burung atau tikus itu, sehingga mati dan keluar darah).
  4. Cek makanan tersebut kira-kira 2 jam kemudian, bila tidak dimakan, maka buang dan ganti makanan baru.
  5. Pastikan burung hantu tidak usah dikunjungi atau dilihat, kecuali pada saat memberi makan tersebut.

Hari kedua

  1. Pada hari kedua, biasanya burung hantu sudah mulai tidak stress dan membuat kegaduhan di kandang bila lapar, beri lagi makanan dan tinggal lagi seperti hari pertama.
  2. Tetap biarkan burung hantu di lokasi yang gelap, serta tidak usah terlalu sering dilihat.

Hari ketiga

  1. Sifat burung hantu bervariasi, kebetulan 3 burung hantu saya mulai dari Tyto Alba sampai Bubo Sumatranus sudah mulai tidak stress di hari ketiga, jadi hanya saya kurung 2 malam.
  2. Tanda sudah mulai tidak stress adalah bahwa burung sudah merespon dengan cepat bila diberi makanan di dalam kandang, serta mulai berisik dan beraktifitas.
  3. bawa keluar burung hantu dari kandang, pastikan keamanan Anda terjaga dengan memakai gloves dan tetap waspada.
  4. Beberapa burung hantu akan menolak dan melawan dengan mencakar dan mengeluarkan suara mendesis, tetap beranikan untuk mengambil burung hantu dengan diajak komunikasi serta letakkan di tenggeran yang sudah disiapkan

Hari keempat

  1. Letakkan sesering mungkin tenggeran burung hantu di lokasi yang banyak lalu lalang orang lewat, serta jangan lupa selalu sempatkan diri anda untuk mengajak bicara serta mengelus owl kesayangan.