Bagaimana tips membersihkan cumi agar tidak amis?

image

Cumi-cumi memiliki bagian yang sangat amis, ada orang yang menyukainya namun adapula orang yang tidak menyukainya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara membersihkan cumi-cumi yang benar. Bagaimana cara membersihkan cumi-cumi yang benar?

Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Amis

  1. Pilihlah cumi yang baik
    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau amis yang menyengat yaitu, anda harus memilih cumi yang masih dalam keadaan baik. Dimana untuk mengenali cumi yang baik anda bisa melihat ciri-ciri yang kami sajikan ini, dimana mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.

  2. Proses pembersihan yang benar
    Membersihkan cumi dengan baik dan benar akan membuat olahan cumi menjadi lebih lezat dan terhindari dari bau yang tidak sedap. Cara yang harus anda perhatikan yaitu, bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya atau lebih mirip dengan plastik bersihkan kulit arinya caranya yaitu dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.

  3. Lumuri menggunakan bahan-bahan penghilang bau amis
    Selain melakukan proses pembersihan yang benar, anda juga bisa melumuri cumi tersebut dengan bahan-bahan penghilang amis. Banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan amis seperti misalkan, parutan jahe, asam jawa atau anda bisa menggunakan jeruk nipis. Lumuri cumi-cumi yang sudah dibersihkan, lalu diamkan sejenak. Baru setelah itu, anda bisa mencucinya kembali. Kemudian, anda bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan yang begitu lezat. Namun, jangan mendiamkan cumi yang sudah diberi bahan penghilang amis tersebut terlalu lama karena akan menghilangkan aroma cumi yang sebenarnya.