Bagaimana tips membawa sugar glider bepergian jauh?

Saya berencana membawa sugar glider saya ketika pulang kampung. Bagaimana tips membawanya? Agar sugar glider tetap nyaman selama perjalanan.

  • Memakai kendaraan pribadi
    Apabila perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, maka keprluan yang harus dibawa antara lain : kandang (travel cage), wadah makan dan minum, travel pouch, makanan sugar glider, gliderade serta pipet. Jika semua sudah tersedia, letakkan sugar glider ke dalam travel cage. Pastikan sudah meletakkan kain/sleeping pouch. Taruh beberapa makanan di dalamnya.

  • Memakai kereta atau bis
    Perlengkapan yang perlu dibawa tidak jauh berbeda dengan di atas. Ketika perjalanan, taruh travel cage di bawah kursi. Jangan lupa berikan makanan yang banyak agar bisa diam.

  • Memakai pesawat
    Pertama, harus menentukan mau diangkut memakai bagasi atau cargo karena akan berhubungan dengan biaya dan persyaratan pembawaan hewan peliharaan. Selain itu, kita juga harus mencari informasi terkait karena setiap airlines memberikan kebijakan yang berbeda-beda.
    Umumnya, hewan peliharaan yang dibawa di pesawat harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter hewan, surat izin membawa peliharaan serta surat pembebasan tanggung jawab.