Bagaimana Tips Membawa Hewan Peliharaan dengan Mobil?


Bagi para pemilik hewan peliharaan, kerap kali tak tega jika harus meninggalkannya dalam waktu lama di rumah. Sekalipun hal itu dititipkan di tempat penitipan yang dianggap aman.

Namun begitu, tak sedikit pula pemilik hewan tidak berani membawanya bepergian dengan mobil karena berbagai alasan.

Akan tetapi, membawa hewan peliharaan khususnya saat mengendarai mobil bukan lagi hal yang tak mungkin.

Bahkan, situs resmi Nissan kali ini memberikan beberapa tips agar mudah membawa hewan peliharaan di dalam mobil. Nah, begini caranya:

Sering Berlatih

Ada seekor Anjing kecil yang ambil alih kemudi dan tabrakkan mobil tuannya ke gedung pusat perbelanjaan. Foto : UPI

Beberapa minggu sebelum memulai perjalanan jauh, mulailah membawa hewan peliharaan dengan mobil. Diawali dengan jarak dekat, lalu perlahan tambahkan lama perjalanan. Karena perubahan tiba-tiba dari tempat luas ke tempat sempit dalam waktu lama dapat mengganggu kenyamanan mereka.

Menyediakan Tempat khusus

Sama seperti anak bayi, hewan peliharaan sebaiknya memiliki tempat khusus di dalam mobil seperti pet carrier. Pastikan cukup lega bagi hewan peliharaan untuk berdiri, duduk, berbaring, dan berputar.

Traveling Kit

Bawalah makanan, mangkuk, pet leash, waste scoop, kantong plastik, alat grooming, obat-obatan, dan pet first-aid kit, serta mainan dan bantal favoritnya untuk menjaga kenyamanan peliharaan selama perjalanan.

Air

Bawalah air sendiri dari rumah atau berikan air mineral botolan untuk hewan peliharaan. Jangan memberikan air keran dari daerah tujuan perjalanan Anda. Bila hewan peliharaan Anda tidak terbiasa dengan air di tempat baru, perutnya bisa sakit.

Saat Parkir

Jangan meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil yang sedang parkir. Saat siang hari dan cuaca normal bahkan dalam keadaan jendela agak terbuka, suhu di dalam mobil akan memanas dan sumpek sehingga peliharaan Anda akan gelisah.

Tutup Jendela

Jangan biarkan hewan peliharaan mengeluarkan kepalanya dari jendela. Memang terlihat menggemaskan, akan tetapi tidak ada yang bisa menjamin tidak ada benda asing yang akan melayang dan melukai kepalanya. Tutup jendela di dekat si hewan peliharaan supaya dia tidak tergoda mengeluarkan kepalanya.

Pengaman Khusus

Gerakan mengejutkan yang dilakukan hewan peliharaan ke arah pengemudi bisa membahayakan seluruh penumpang. Jadi pastikan dia selalu berada di dalam pet carrier atau menggunakan harness yang terkunci di seat buckle.

Waktu Makan

Jangan memberikan makanan pada hewan peliharaan saat berada di dalam mobil yang bergerak karena gerakan mobil akan menimbulkan rasa mual. Jadi beri dia makan tiga atau empat jam sebelum perjalanan.

Membawa barang bawaan Anda saja sudah memakan tempat, apalagi membawa barang bawaan khusus hewan peliharaan dan pet carrier. Karena itu gunakanlah mobil yang memiliki kabin luas untuk berkendara jauh sehingga dapat menampung semua kebutuhan Anda.