Bagaimana Tips Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan?

Belakangan ini, makin banyak brand kecantikan ternama yang menggunakan air beras dalam produknya. Manfaat air beras bagi kecantikan, terutama dalam mencegah penuaan, memang sudah lama dikenal.

1 Like

image

  1. Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam
    Biasanya para wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim kecantikan tersebut. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, malah mendapatkan kulit wajah yang semakin rusak.
    Mencuci muka dengan air beras secara teratur dapat mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

  2. Pembersih Wajah
    Ya, air cucian beras bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah, loh! Caranya sangat mudah. Pertama, ambillah satu cangkir beras. Kedua, cucilah beras tersebut dengan cepat sehingga debu dan kotoran menghilang, lalu buang airnya. Ketiga, tambahkan air bersih baru, lalu aduk-aduk beras menggunakan tangan. Rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air.

sumber:

Air cucian beras atau air leri merupakan air yang diperoleh dalam proses pencucian beras. Air cucian beras mudah didapatkan karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan beras sebagai makanan pokok. Beras tergolong makanan pokok dengan kandungan karbohidrat tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi. Selama ini air cucian beras belum banyak dimanfaatkan dan biasanya hanya dibuang begitu saja. Sebenarnya didalam air cucian beras masih mengandung senyawa organik seperti karbohidrat dan vitamin seperti thiamin yang masih bisa dimanfaatkan (Moeksin, 2015).

beras
Sumber: merdeka.com

Saat ini air cucian beras sudah mulai dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang lebih bermanfaat (Susilawati, 2016). Salah satu pemanfaatan air cucian beras sebagai produk perawatan kulit.

Hasil penelitian oleh Annisa et al (2017) menunjukan bahwa konsentrasi optimal formula masker gel peel-off yang diperoleh yaitu 7% untuk ekstrak ampas daun teh dan 5% untuk ekstrak air cucian beras berdasarkan uji pendahuluan

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa air cucian beras berpotensi sebagai anti aging karena adanya starch atau pati halus yang dapat merontokkan debu dan sel kulit mati pada wajah, asam amino esensial yang terdapat dalam air cucian beras dapat meregenerasi sel-sel kulit (Samahah et al, 2015). Selanjutnya pernyataan tersebut selaras dengan temuan Annisa et al (2017) bahwa hasil aktivitas antioksidan sediaan masker gel peel-off kombinasi ekstrak ampas daun teh dan air cucian beras lebih baik dari produk (X) yang beredar di pasaran yaitu dengan nilai IC50 20,38 µg/mL.

Bagi Kadics yang ingin mencoba menggunakan air cucian beras lebih direkomendasikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum diaplikasikan keseluruhan. Caranya dengan menempelkan air cucian beras pada kulit belakang telinga, apabila terdapat iritasi maka jangan melanjutkan perawatan kulit dengan air cucian beras.

Referensi
  1. Annisa, A.N., Amalia, N., Khaerunnisa, T.A., Amalia, M, Nugraha, I. 2017. Camorys For Anti Aging: MAsker Wajah dari Air Cucian Beras
  2. Moeksin, R., (2015). Pembuatan Bioetanol Dari Air Limbah Cucian Beras Menggunakan Metode Hidrolisis Enzimatik Dan Fermentasi. Jurnal Universitas Brawijaya.
  3. Susilowati dan Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.