Bagaimana tips melindungi anak-anak dari pengaruh Sinetron yang kurang mendidik?

Anak nonton

Melindungi anak dari pengaruh acara televisi yang kurang mendidik. Maraknya acara televisi yang sedang booming belakangan ini dinilai kurang mendidik bagi anak-anak. Terkadang pihak televisi menayangkan acara yang rating sharenya tinggi dengan durasi yang cukup panjang dengan alasan demi rating. Kita sebagai masyarakat pada umumnya tidak mungkin meminta pihak televisi untuk menghentikan tayangan tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan khususnya sebagai orangtua adalah dengan cara merubah pola menonton tv dan memantau acara apa saja yang ditonton mereka.

Cara Melindungi Anak dari Pengaruh Acara Televisi yang Kurang Mendidik
Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa ayah dan bunda lakukan untuk merubah pola menonton televisi buah hati agar lebih terkontrol :

  1. Potong waktu menonton televisi
    Meminta anak untuk berhenti menonton televisi bukanlah langkah yang tepat. Sebaiknya Anda mengurangi waktu mereka untuk menonton televisi. Membatasi waktunya yaitu tidak lebih dari satu/dua jam dalam sehari.

  2. Hindari program serial
    Acara televisi dalam bentuk serial akan meningkatkan rasa ingin tahu anak untuk menonton kelanjutannya pada kesokan harinya. Mintalah pada anak untuk memilih salah satu atau dua acara khusus untuk ditonton, pastikan bukan program serial dan sesuai dengan usia mereka.

  3. Mengalihkan perhatian anak
    Memperkenalkan anak pada kegiatan baru yang menarik dan membutuhkan kreativitas juga minat mereka. Anda bisa mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan lain yang menarik seperti berkebun, memasak, menggambar, dan kegiatan kreatif lainnya.

  4. Pilih program ramah anak
    Sebagai orang tua Anda wajib mengetahui acara televisi yang ditonton yang dotonton oleh anak. Hindari acara televisi dengan konten kekerasan dan konten dewasa, hindari juga program yang dapat menyebabkan masalah emosional pada anak-anak.

  5. Melibatkan anak saat memilih acara kesukaannya
    Akan lebih baik jika Anda sebagai orang tua untuk tidak memaksa anak untuk mengikuti rencana acara pilihan Anda untuk mereka. Libatkanlah anak saat memilih dengan cara memberikan daftar program televisi pada anak dan minta mereka memilih satu atau dua acara. Dengan melibatkan anak dalam memilih akan membuat anak mengerti bahwa dia diizinkan menonton televisi hanya ungtuk program-program yang dipilih.

  6. Menjadi teladan bagi anak
    Perlu Anda ingat bahwa anak akan mencoba untuk meniru Anda dalam semua perbuatan dan tingkah laku mereka. Jadi jika Anda ingin membatasi dan mengatur jadwal menonton televisi anak, Anda harus terlibat terlebih dahulu dalam menonton acara pilihan mereka. Dengan begitu anak Anda akan tahu bahwa orang tuanya juga turut memperhatikan dan mengikuti program yang dijadwalkan untuk menonton televisi.

  7. Konsisten pada keputusan Anda
    Sangat penting bagi orang tua untuk bersikap tegas dalam melaksanakan rencana, jika Anda ingin menangani waktu menonton televisi anak. Jangan biarkan pelanggaran apapun dalam jadwal menonton televisi. Ketidak konsistenan pada keputusan/peraturan Anda akan mempengaruhi usaha yang dilakukan sehingga anak-anak pun menjadi tidak disiplin dan tidak sungguh-sungguh melaksanakannya.