Bagaimana tips foto produk agar menarik?

Fotografi produk sebenarnya bukan hanya berbicara mengenai ‘keindahan/kecantikan’ suatu produk/barang tapi juga sebagai promosi dan penjualan. Karena dengan menampilkan foto produk anda yang berkualitas tinggi di setiap situs ternama (seperti amazon) ataupun juga melalui sebuah pameran yang dapat dilihat oleh banyak orang, maka hal tersebut akan membantu anda dalam menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagaimana tips foto produk agar menarik ?

Cara membuat foto produk yang menarik ini penting diketahui kamu pemilik toko online. Apa sih yang pertama dilihat pembeli saat memasuki toko online? Foto produk yang menarik! Lalu apa sih yang membuat konsumen membeli produk anda di toko online? Tentu saja karena fotonya yang menggoda.

Mata memang menjadi salah satu indera yang paling mudah digoda. Saat kamu melihat suatu produk yang menarik tampilannya, maka dengan cepat bisa membuat kamu ingin tau apa fungsi produk itu? Bahkan ada yang langsung membeli tanpa melihat fungsi dan harganya karena foto produknya menarik.

Nah ingin toko online kamu laris? Maka sebaiknya mulailah memperhatikan foto produk kamu. Dan berikut ini tips dan trik untuk jadikan foto produk kamu semakin menarik:

1. Perhatikan Pencahayaan

Semakin baik pencahayaan maka semakin bagus juga hasil fotonya. Untuk hasil foto maksimal memang lebih baik menggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari. Namun jika pemotretan outdoor tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka kamu bisa memotret di indoor namun tetap perhatikan pencahayaan.

2. Tidak Perlu Menggunakan Kamera Mahal

Foto produk bagus belum tentu bisa dihasilkan dari kamera yang mahal. Kamera dengan harga murah bahkan smartphone pun bisa menghasilkan foto produk bagus loh. Asalkan pencahayaannya bagus! Bukan hanya pencahayaan, tetapi perhatikan juga teknik pengambilan foto agar tidak asal-asalan menjepret.

3. Membuat Studio Mini

Tidak harus juga kamu menyewa studio foto untuk dapatkan foto produk bagus. Kamu bisa loh membat studio mini di rumah bahkan di kamar tidur. Peralatannya pun tidak perlu mahal, dan ada beberapa yang bisa kamu bikin sendiri. Untuk membangun studio mini ini, kamu cukup menyediakan lampu sorot, background, dan perlengkapan sederhana lainnya. Untuk inspirasi kamu bisa mencari cara membat studio mini sendiri di internet.

4. Tonjolkan Produk dengan background polos berwarna netral

Jika berpikir background foto ramai akan menarik perhatian pembeli maka buang jauh-jauh pikiran ini! Pilihlah background foto polos bewarna netral. Background ini bisa membantu kamu menonjolkan produk sehingga pembeli bisa melihat detail produknya.

5. Ambil Foto Tidak Hanya Dari Satu Angle

Agar lebih meyakinkan konsumen untuk membeli produk kamu, maka ambillah foto produk dari berbagai angle. Bayangkan jika kamu sebagai konsumen dan ingin melihat barang yang kamu jual. Maka perlu melihat barang tersebut dari berbagai sisi bukan?

6. Gabungkan Berbagai Angle Menjadi Satu Foto

Kamu sudah sukses mengambil foto produk dari berbagai angle. Nah sekarang tugas lainnya adalah menggabungkan berbagai angle tersebut menjadi satu foto. Fungsi menggabungkan ini untuk meringankan beban loading website saat pengunjung melihat halaman produk kamu.

Menaruh berbagai angle dalam satu foto ini juga lebih menarik perhatian orang. Membuat mereka tidak perlu menscroll untuk melihat sisi lain dari produk yang akan kamu jual.

7. Memakai Model sesuai kebutuhan

Ada yang mengatakan foto produk menggunakan model akan lebih menarik pembeli. Jawabannya, tidak semua produk harus menggunakan model. Namun bagi kamu yang memiliki toko online menjual pakaian atau fashion, maka membutuhkan model untuk menarik pembeli.

Produk yang kamu jual dan terlihat pas di tubuh sang model bisa menjadi nilai plus di mata pembeli. Mereka juga jadi bisa membayangkan akan seperti apa saat mengenakan produk yang kamu jual.

8. Jangan Berlebihan dalam Mengedit Foto

Mengedit foto memang bisa mempercantik hasil foto produk kamu. Namun jangan berlebihan dalam mengeditnya karena bisa merubah keaslian produk. Bisa-bisa saat pembeli menerima produk yang dibelinya kecewa karena berbeda jauh dengan apa yang dilihatnya di foto.

9. Tambahkan Watermark

Mengambil foto produk bukanlah pekerjaan gampang! Untuk itu agar memastikan foto tidak dicuri maka berikanlah watermark. Kamu bisa menambahkan watermark di pertengahan foto produk sehingga orang lain tidak bisa menghapusnya.

10. Compress Sebelum Upload

Jangan sampai pembeli menunggu lama saat membuka foto produk di halaman toko online kamu. Untuk itu kamu perlu meng-compress foto sebelum menguploadnya. Compress di sini maksutnya untuk mengecilkan ukura foto namun tetap menjaga kualiatsnya agar tidak blur.

Cara membuat foto produk yang menarik ini bisa kamu praktikkan sekarang juga. Dan ingat dengan hasil foto produk yang baik juga bisa membuat nama online shop kamu lebih terpercaya loh. Pembeli pun akan lebih tertarik membeli produk yang kamu tawarkan karena menyediakan foto berkualitas bagus.