Bagaimana tips dan trik untuk memaster burung cendet dengan suara belalang ?

Burung Cendet

Burung Cendet ( Lanius christatus ), adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl.

Bagaimana tips dan trik untuk memaster burung cendet dengan suara belalang ?

Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, berikut ini beberapa tips pemasteran cendet dengan suara belalang:

  • Pilih jenis belalang yang mampu mengeluarkan bunyi-bunyian yang tajam dan rapat. Beberapa jenis belalang yang dimaksud antara lain belalang daun, belalang emas, dan belalang kerek. Silakan pilih salah satunya, atau bisa juga menggunakan semua jenis belalang tersebut.

  • Jaga jarak antara kandang penyimpanan belalang dan sangkar yang berisi cendet. Jarak ideal yang disarankan adalah 3 – 4 meteran. Jika jaraknya terlalu dekat, suara belalang yang penuh getaran tinggi bisa mengacaukan konsentrasi burung cendet, sehingga tidak fokus mendengarkan suara masterannya.

  • Kandang penyimpanan belalang sebaiknya jangan diletakkan di lantai atau permukaan tanah. Untuk hasil yang lebih efektif, kandang digantung pada ketinggian yang sama dengan sangkar cendet.

  • Setelah dimaster selama seminggu, coba amati apakah cendet sudah mampu menguasai suara belalang. Kalau belum, lakukan pemasteran lebih rutin dalam waktu 3 – 4 minggu.

  • Namun jika cendet tetap belum menguasai suara masterannya, Anda perlu mengganti belalang dengan jenis belalang lainnya yang mempunyai suara lebih rendah / tidak terlalu nyaring di kuping.

  • Salah satu hal terpenting dalam pemasteran burung cendet adalah memenuhi semua kebutuhannya, terutama pakan tambahan / extra fooding (EF). Jika perut kenyang, burung cendet lebih mudah merekam suara-suara masterannya.

  • Lakukan pemasteran dengan belalang secara rutin, setiap hari. Untuk memancing agar belalang tersebut mau berbunyi sepanjang hari, Anda bisa menutupi kandangnya dengan kain kerodong yang berwarna hitam.

Sumber :