Bagaimana tips cara agar rambut cepat panjang?

cara agar rambut cepat panjang

Rambut adalah mahkota bagi tiap wanita. Namun bagaimana jika kamu melakukan kesalahan pada rambutmu dan membuatmu jadi tidak percaya diri? Misalnya saja jika kamu memotong rambut, namun ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keinginanmu. Kamu merasa rambutmu justru menjadi terlalu pendek dan rasanya ingin melakukan berbagai cara agar rambut cepat panjang. Bagaimana tips cara agar rambut cepat panjang?

1. Lakukan Pencucian Rambut dengan Tepat

Cara agar rambut cepat panjangyang pertama adalah dengan mengubah caramu mencuci rambut. Hal ini mungkin terdengar sepele namun bisa berdampak cukup signifikan utuk rambutmu. Beberapa faktor seperti seberapa sering kamu mencuci rambut dan suhu air yang kamu gunakan untuk mencuci rambut sangat penting untuk diperhatikan.

Jika kamu ingin memanjangkan rambutmu dengan cepat maka kamu tidak disarankan untuk mencuci rambut terlalu sering. Hal ini dikarenakan mencuci rambut terlalu sering dan dengan menggunakan air hangat akan membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering. Rambut akan menjadi rusak dan tidak akan cepat tumbuh. Untuk menyiasatinya, kamu cukup mencuci rambut tidak lebih dari tiga kali seminggu dan gunakan air dingin saat melakukannya. Pada awalnya kamu mungkin tidak akan merasa nyaman karena rambut akan terlihat sedikit berminyak. Namun setelahnya kulit kepalamu akan menyesuaikannya.

2. Keringkan Rambut dengan Lembut

Cara agar rambut cepat panjang yang kedua adalah dengan mengeringkan rambut secara perlahan dan lembut. Kamu tidak perlu mengeringkan rambut dengan kasar menggunakan handuk. Jika menginginkan rambutmu cepat panjang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat rambutmu basah.

Setelah keramas, keringkan rambutmu secara perlahan dengan menggunakan handuk microfiber atau kaos dan biarkan mengering dengan sendirinya. Selain itu jangan menyisir rambut selagi masih basah. Hal itu karena rambut yang basah lebih mudah rusak dibandingkan rambut yang kering. Jika rambutmu terasa sangat kering, maka kamu juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas setelahnya. Cara agar rambut cepat panjang ini cukup efektif dan dapat menjaga keindahan rambutmu.

3. Hindari Penggunaan Hair Styling
image

Cara agar rambut cepat panjang yang ketiga adalah dengan menghindari berbagai macam produk-produk hair styling , seperti hair dryer dan catokan. Seperti yang diketahui, hair dryer dan catokan bisa mengeluarkan suhu panas yang dapat merusak rambut. Jika rambutmu rusak maka kamu harus memotongnya agar lebih pendek.

Oleh karena itu jika kamu menginginkan rambut cepat panjang dan tidak ingin memotong rambutmu menjadi lebih pendek maka kamu perlu menghindari penggunaan alat-alat tersebut. Namun jika kamu terpaksa harus menggunakannya, maka pastikan kamu menggunakan alat-alat tersebut saat rambutmu sudah 80% hingga 90% kering.

4. Jangan Gunakan Ikat Rambut

Cara agar rambut cepat panjang yang keempat adalah dengan menghindari penggunaan ikat rambut. Tidak semua ikat rambut diciptakan dengan cara yang sama. Beberapa karet rambut justru dapat menimbulkan ketegangan dan kerusakan pada rambut.

Jika kamu benar-benar ingin mengikat rambutmu maka gunakanlah kain tanpa lipatan atau pita koil. Pastikan kamu tidak menggunakan karet gelang karena karet gelang sangat berbahaya bagi rambut. Karet gelang dapat merusak dan mencabut rambut, serta mencegah pertumbuhan.

5. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Mendukung
image

Cara agar rambut cepat panjang yang kelima adalah dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang mendukung. Saat ini ada berbagai macam jenis shampo dan kondisioner di pasaran yang dapat kamu pilih. Kamu bisa memilih produk yang menawarkan nutrisi kombo, untuk menghidrasi dan juga memperkuat rambut. Semakin kuat rambut maka akan semakin sedikit kemungkinan rambut untuk patah dan rusak. Hal tersebut akan mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih panjang.

6. Lakukan Perawatan di Salon

Cara agar rambut cepat panjang yang keenam adalah dengan melakukan perawatan-perawatan di salon. Kamu bisa memilih perawatan yang dapat menembus kulit kepala dan membantu merangsang folikel rambut. Sambil melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa menambahkan penggunaan serum yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Selain rambut akan cepat panjang, rambut juga akan terasa lebih tebal jika kamu rutin melakukannya.

7. Banyak Konsumsi Vitamin D

Cara agar rambut cepat panjang yang ketujuh adalah dengan banyak mengonsumsi vitamin D. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang mendorong produksi kalsium dalam tubuh, pertumbuhan kembali sel-sel yang rusak, termasuk yang ada di kulit kepala. Cara agar rambut cepat panjang ini cukup efektif bagi kamu yang menginginkan rambut lebih panjang dalam waktu singkat.

8. Makan-makanan Sehat
image

Cara agar rambut cepat panjang yang kedelapan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Jangan pernah lupa bahwa kamu adalah apa yang kamu makan. Jika kamu mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan serta menghindari makanan-makanan cepat saji. Dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat, termasuk rambut dan kulit. Mengonsumsi makanan-makanan sehat akan membuat rambut lebih cepat panjang dan tidak kering.

9. Rutin Gunakan Masker Rambut

Cara agar rambut cepat panjang yang kesembilan adalah dengan menggunakan masker rambut setiap dua minggu sekali. Masker rambut akan membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan pada rambut dan mengembalikan kelembapan rambut. Setelah menggunakan masker rambut, rambut pasti akan terasa lebih halus, lembut, dan berkilau.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker rambut, seperti minya almond, minyak kelapa ataubahan-bahan alami lainnya. Namun jika kamu menginginkan yang lebih praktis, maka kamu bisa dengan mudah membeli masker rambut yang banyak tersedia di toko-toko perbelanjaan.

10. Gunakan Minyak Zaitun

Cara agar rambut cepat panjang yang kesepuluh adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Selain terkenal dapat merawat kulit, kandungan dalam minyak zaitun juga dapat menyuburkan rambut dan membuatnya lebih cepat panjang. Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskannya pada kulit kepada sambil memijatnya. Kemudian diamkan semalaman, lalu bilas dengan air hangat keesokan paginya. Jika kamu melakukannya secara rutin maka bukan tidak mungkin rambutmu akan terlihat lebih panjang hanya dalam dua hari saja.

11. Gunakan Lidah Buaya
image

Cara agar rambut cepat panjang yang kesebelas adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya juga dikenal memiliki kandungan yang cukup ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala sambil memijatnya. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, kamu perlu melakukannya dengan rutin. Lidah buaya akan membuat rambutmu lebih cepat panjang.

12. Kendalikan Stres

Cara agar rambut cepat panjang yang terakhir adalah dengan mengendalikan perasaan stres yang mungkin kamu alami. Jika kamu merasa stres dan tidak dapat mengendalikannya maka itu akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan rambutmu. Untuk mengendalikan stress, kamu bisa mencoba mengikuti kelas yoga atau melakukan aktivitas-aktivitas yang kamu sukai. Cobalah untuk selalu berusaha melakukan segalanya dengan santai.

Merawat Rambut Anda dengan Baik

  1. Ubah cara Anda mencuci rambut. Faktor-faktor seperti seberapa sering Anda mencuci rambut dan suhu air yang Anda gunakan dapat memengaruhi panjang rambut Anda. Itu karena mencuci rambut Anda terlalu sering (pikirkan setiap hari) dan menggunakan air super panas akan membuatnya mengering dan menjadi rapuh. Itu menyebabkan kerusakan rambut, mencegah rambut Anda tumbuh panjang dan tebal. Solusinya? Cuci rambut Anda tidak lebih dari 3 kali seminggu, dan gunakan air terdingin yang bisa Anda tangani.
  • Pada awalnya, mencuci rambut lebih jarang mungkin membuatnya terlihat sedikit berminyak. Kenakan topi selama beberapa hari sampai kulit kepala Anda terbiasa memproduksi lebih sedikit minyak dan semuanya seimbang. Seharusnya tidak butuh waktu lama!
  • Jika Anda benci mandi di air dingin, cobalah mencuci rambut di wastafel dengan air dingin secara terpisah dari mandi biasa. Saat Anda mandi, ikat rambut Anda dengan topi mandi.
  1. Keringkan rambut Anda dengan lembut. Rawat rambut Anda dengan perawatan lembut yang sama. Setelah dicuci, tepuk kering dengan lembut menggunakan handuk atau t-shirt microfiber dan biarkan selesai mengering.
  • Jangan menyikat rambut saat basah. Rambut basah cenderung meregang dan patah lebih mudah daripada rambut kering. Jika Anda perlu melepaskannya, oleskan produk pengkondisian, seperti conditioner yang meninggalkan. Kemudian, gunakan jari-jari Anda dan sisir bergigi lebar untuk dengan lembut mengatasi kusut.
  • Jangan keringkan rambut Anda kecuali untuk acara-acara khusus. Blow dryer sering benar-benar menyebabkan kerusakan dalam bentuk kerusakan, keriting dan ujung bercabang, dan itu tidak mudah untuk diperbaiki; Anda hanya harus menunggu rambut segar untuk tumbuh.
  1. Jangan gunakan bahan kimia yang keras pada rambut Anda. Shampo dan kondisioner yang Anda gunakan mungkin berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang buruk. Sebagian besar sampo komersial mengandung sulfat, yang mengupas rambut Anda dari minyak alami dan membuatnya rentan terhadap kerusakan. [2] Kondisioner mengandung silikon yang melapisi rambut dengan bahan kimia dan perlu dicuci dengan sampo yang lebih kuat. Siklus ini sangat merusak rambut! Inilah yang dapat Anda lakukan sebagai gantinya:
  • Cuci rambut Anda sekali lagi dengan sampo yang kuat, seperti sampo yang mengklarifikasi, untuk menghilangkan silikon yang tersisa. Jangan mengkondisikannya kali ini; lepaskan saja dengan lembut dan biarkan mengering.
  • Istirahatkan rambut Anda selama beberapa hari. Jangan lakukan apa pun untuk itu - jangan cuci, luruskan, atau gunakan produk apa pun.
  • Lain kali Anda mencuci rambut, gunakan sampo alami. Baca label dan gunakan sampo yang hanya mengandung minyak alami dan pembersih lainnya, tanpa bahan kimia.
  • Kondisi dengan cuka sari apel encer. Ini benar-benar bekerja, dan ketika mengering Anda tidak akan berbau seperti cuka sama sekali. Untuk perawatan deep-conditioning, coba gunakan minyak kelapa. Anda tidak akan pernah ingin kembali ke hal-hal yang sarat dengan bahan kimia yang Anda gunakan sebelumnya.
  1. Cobalah teknik dan produk penataan rambut alami. Dengan nada yang sama, mulailah menggunakan metode yang lebih lembut untuk menata rambut Anda. Gunakan alat pemanas seperti pengeriting rambut, pelurus, dan tentu saja tidak terlalu sering. Ganti hairsprays dan gel yang diisi bahan kimia untuk versi alami. Ini memberi kesempatan pada rambut Anda untuk tumbuh panjang dan kuat, dengan teksturnya yang unik dan indah.
  • Anda bisa membuat gel rambut sendiri dari bahan-bahan yang tidak berbahaya.
  • Untuk menghaluskan rambut kusut dan kusut, oleskan sedikit minyak argan atau minyak kosmetik lainnya ke rambut Anda, daripada menggunakan produk yang dijual bebas.
  • Cobalah metode alami untuk mengeriting rambut Anda tanpa panas atau meluruskannya tanpa panas.
  1. Gunakan masker pada rambut Anda dua minggu sekali. Ini akan membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan mengembalikan kelembaban rambut Anda. Setelah itu, rambut Anda akan terasa lembut, halus dan sehat, dan itu akan tetap sehat cukup lama untuk terus tumbuh.
  • Cobalah masker minyak panas menggunakan minyak kelapa dan almond, karena minyak kelapa memiliki daya penetrasi tinggi dan dalam, sedangkan minyak almond menambah kilau ekstra pada rambut kering yang lemah. Pijatkan minyak ke rambut Anda dan kenakan shower cap. Duduklah di bawah pengering rambut berkerudung jika ada, atau gunakan pengering rambut hangat selama 10 menit. Kemudian, lepaskan tutupnya dan cuci rambut Anda. Cara lainnya, oleskan masker rambut dan kepang rambut Anda lalu masukkan ke dalam sanggul dan kenakan shower cap. Jaga rambut Anda dikepang setidaknya selama siang dan malam selama tiga bulan dan rambut Anda akan tumbuh satu hingga tiga inci lebih dari pertumbuhan rambut normal.
  • Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak zaitun hangat, kayu manis, dan madu - ini mencerahkan rambut Anda saat dikondisikan.
  1. Lindungi rambut Anda dari kerusakan eksternal. Tutupi ketika Anda menghabiskan berjam-jam di bawah sinar matahari, berenang di kolam yang diklorinasi, atau hang out di tempat yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Rambut Anda bisa rusak karena terpapar berulang kali pada elemen-elemen ini, jadi ikatlah dengan jilbab, kenakan topi atau topi renang, dan pastikan untuk menggunakan metode cuci dan pengeringan yang lembut sesudahnya untuk menjaganya tetap sehat.

Makan dengan Baik dan Mengonsumsi Suplemen Pertumbuhan Rambut

  1. Makan lebih banyak protein. Protein adalah fondasi rambut, dan Anda membutuhkannya agar rambut Anda tumbuh panjang, berkilau, dan sehat. Itu tidak berarti Anda harus makan banyak daging (walaupun Anda bisa) - itu hanya berarti Anda harus fokus untuk menjadikan protein sebagai pusat dari sebagian besar makanan Anda.
  • Jika Anda pemakan daging, nikmati, daging sapi, ayam, ikan, babi, dan jenis daging lainnya. Telur dan beberapa jenis keju juga tinggi protein.
  • Kacang dan kacang-kacangan lainnya, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun seperti bayam juga mengandung protein. Jika Anda seorang vegetarian, Anda harus hidup dengan ini!
  1. Makan asam lemak omega-3. Lemak “baik” ini berkontribusi pada rambut dan kulit yang sehat dan berkilau. Ini ditemukan dalam sejumlah makanan lezat seperti alpukat, kacang-kacangan, salmon, minyak biji rami, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk omega-3 dalam jumlah besar jika Anda menginginkan dorongan tambahan.

  2. Minum banyak air. Jika Anda mengalami dehidrasi, itu akan terlihat di rambut Anda. Rambut Anda akan menjadi kering, kusam, dan lebih rentan rusak. Itu berarti minum air putih adalah bagian yang mudah dan sangat penting untuk menumbuhkan rambut yang lebih panjang. Anda akan melihat perbedaan dalam waktu singkat!

  • Bawalah botol air dan rencanakan untuk minum setidaknya 2-3 liter (0,5-0 US gal) air sehari.
  • Jika Anda kesulitan minum banyak air putih, minum teh herbal atau air rasa juga.
  • Hindari kafein dan alkohol, dan jangan minum terlalu banyak soda. Pilih air sebagai gantinya.
  1. Ambil suplemen pertumbuhan rambut. Suplemen tertentu dikatakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut lebih panjang dari waktu ke waktu. Ini bukan perbaikan yang cepat, tetapi jika Anda mulai mengonsumsi suplemen, Anda mungkin akan melihat peningkatan pertumbuhan rambut selama beberapa minggu atau bulan. Cobalah beberapa suplemen ini untuk melihat apakah mereka bekerja untuk Anda:
  • Biotin adalah suplemen pertumbuhan rambut yang populer. Ini sering diambil oleh wanita hamil untuk memastikan bayi mereka yang tumbuh memiliki cukup nutrisi, tetapi tidak ada alasan Anda tidak dapat mengambilnya jika Anda tidak hamil.
  • Minyak cedar Atlantik adalah suplemen yang dapat diaplikasikan langsung ke kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak argan bisa digunakan dengan cara yang sama.
  • Beta-sitosterol adalah zat berbasis tanaman dan biji yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut lebih cepat.