Bagaimana tips aman meninggalkan ikan untuk waktu yang lama ?

meninggalkan ikan untuk waktu yang lama

Terkadang kita mempunyai keperluan yang membuat kita keluar rumah dalam waktu yang lama sehingga kita tidak dapat merawat ikan kita dengan semestinya. Bagaimana tips aman meninggalkan ikan untuk waktu yang lama ?

Terdapat 4 pilihan yang bisa kita ambil, di antaranya adalah :

1. Titipkan ke Teman Sehobi

Hindari menitipkannya ke tetangga sekitar, terutama bila mereka tidak terlalu paham bagaimana cara merawat ikan koleksi Anda.

2. Pasang Alat Autofeeder

Saat ini ada alat khusus yang berguna untuk memberikan pakan kepada ikan secara otomatis. Namanya adalah autofeeder. Prinsip kerja alat ini adalah mengeluarkan pakan dari wadah setiap periode waktu tertentu. Jadi Anda hanya perlu memasukkan pakan ke wadah yang tersedia. Kemudian autofeeder akan mengeluarkan pakan sebanyak 3-4 kali per hari.

3. Sebarkan Pakan Hidup

Pelet akan mudah membusuk setelah terkena air sehingga tidak bisa diberikan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini berbeda dengan pakan hidup seperti ikan kecil, udang, dan cacing. Anda bisa memberikan pakan-pakan hidup ini dalam jumlah yang cukup banyak ke kolam/akuarium.

4. Puasakan Ikan Beberapa Hari

Ikan yang mempunyai daya tahan yang kuat bisa dibiasakan agar berpuasa. Bahkan jika sudah terbiasa, ikan bisa tidak makan sama sekali selama sebulan.

Sumber: