Bagaimana tips agar nasi tidak lengket di rice cooker?

nasi
Cara memasak nasi agar tidak lengket tidaklah sulit karena pada dasarnya saat ini semua jenis rice cooker sudah dilengkap dengan lapisan anti lengket yang dikenal dengan istilah teflon rice cooker sehingga semua nasi yang dimasak menggunakan rice cooker tidak akan lengket. Hanya saja beberapa orang ternyata mengeluh bahwa nasi mereka ternyata tetap lengket walaupun sudah menggunakan panci rice cooker khusus.

Tips agar nasi tidak lengket di rice cooker


• Masak nasi sesuai takaran
Agar hasil masakan tepat dan sesuai yang diinginkan, pastikan masak beras sesuai takarannya, yakni 2 : 1 untuk beras dan airnya. Terlalu banyak airnya akan membuat hasil masakan jadi lembek dan lengket, sebaliknya kekurangan air akan membuat tekstur nasi jadi kasar dan kering.

• Tutup rapat rice cooker
Menutup rice cooker dengan rapat dapat mencegah nasi menjadi kering. Selain itu, udara yang masuk ke magic com dapat memicu nasi jadi mudah basi.

• Tambahkan air perasan lemon
Menambahkan air perasan lemon saat memasak dapat menambah aroma wangi dan mempertahankan warna nasi menjadi putih bersih atau tidak mudah kuning.

• Aduk merata setelah matang
Setelah nasi matang, segera aduk nasi agar uap air yang terdapat pada sela-sela nasi bisa merata. Hal inilah yang membantu mencegah nasi mengering.

• Tambahkan minyak zaitun
Agar tekstur beras tetap lembab dan tidak kering, Anda bisa menambahkan minyak zaitun ketika memasak. Cara ini juga mencegah nasi lengket di pinggran magic com

• Setelan yang tepat
Kalau magic com Anda memiliki setelan untuk memilih nasi pulen/pera, Anda bisa memanfaatkannya. Caranya cukup arahkan tombol sesuai hasil nasi yang diinginka

Referensi

Tips dan Cara Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Lengket dan Kering ~ Dapur Onlineku