Bagaimana tips agar Murai Batu cepat ngeplong ?

murai batu medan super

Bagaimana tips agar Murai Batu cepat ngeplong ?

Tips agar Murai Batu cepat ngeplong antara lain :

1. Pemberian pakan khusus

Untuk menunjang performa Murai, seorang breeder haruslah menggunakan beberapa jenis serangga untuk makanan ekstra. Serangga itu bisa berupa belalang, jangkrik, kroto, ulat Hongkong, ulat kandang, dan beberapa sedangga lain yang umumnya dikonsumsi Murai saat di hutan. Akan tetapi, khusus kroto dan jangkrik, Anda harus memberinya setiap hari. Sedangkan untuk porsinya sendiri, untuk sehari Anda bias memberikan 4 ekor jangkrik dan 1 ½ sendok kroto di pagi hari, sedangkan untuk sorenya Anda bisa memberikan 3 ekor jangkrik dan 1 ½ sendok kroto. Serangga ini bertujuan untuk meningkatkan birahi Murai. Harapannya, jika birahi Murai sudah tinggi maka Ia pun akan berkicau dan ngeplong. Jangan lupa berikan vitamin terbaik, pilih OrBird sebagai vitamin pilihan.

2. Pemandian dan penjemuran

Untuk mandi dan jemur, Anda bisa menerapkannya setiap hari pada Murai Batu. Kenapa setiap hari? Karena dengan cara ini Murai akan memiliki kualitas setamin yang baik, hal itu juga bertujuan agar Murai Batu lebih cepat ngeplong dengan perawatan mandi dan berjemur yang Ia jalani. Sedangkan untuk perawatan mandinya sendiri, Anda bisa memandikan Murai ini dengan cara disemprot, tapi Anda juga bisa membiarkan Ia mandi sendiri di keramba mandi yang bisa Anda siapkan. Sedangkan untuk berjemur, Anda bisa menjemur Murai apabila Ia sudah kering dari air sisa mandi, sedangkan untuk waktunya usahakan jangan sampai lebih dari jam 10 pagi.

3. Pemasteran

Penggunaan masteran adalah salah satu cara untuk memancing Murai agar ngeplong. Hal ini sangat umum dilakukan, karena dengan cara ini naluri bertarung Murai akan muncul dan berkicau layaknya masteran yang ada. Sedangkan untuk pemasteran sendiri, Anda bisa melakukannya setelah Murai selesai dijemur. Lalu, bagaimana dengan masterannya? Untuk masteran sendiri, Anda bisa menggunakan Murai lain, Lovebird, Pleci, atau jenis burung yang sudah ngeplong lainnya, sedangan untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa memutar MP3 atau rekaman suara burung yang sudah ngeplong untuk diperdengarkan pada Murai.