Bagaimana Tips Agar Ikan Tidak Lengket Ketika Digoreng?

image

Banyak masalah yang muncul ketika kita hendak menggoreng ikan, seperti lengket atau menempel pada wajan sehingga menyebabkan dagingnya menjadi hancur, atau minyak meletup dan keluar sehingga akan melukai kulit.

Panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak
Kebiasaan kita ketika menggoreng sesuatu yaitu, menuangkan minyak terlebih dahulu baru setelah itu memanaskannya di dalam wajan. Namun, nyatanya cara seperti itu justru akan mempengaruhi pada bahan makanan yang kita goreng. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda memanaskan wajannya terlebih dahulu agar tidak menyebabkan ikan yang digoreng menjadi lengket. Jika wajan sudah panas, anda bisa menuangkan minyak goreng dan menunggunya sampai panas. Baru setelah itu, masukan ikan yang akan digoreng.

Goreng Ikan dengan Minyak yang Banyak
Jika kita menggoreng ikan dengan minyak yang banyak, maka ikan yang kita goreng akan mengembang dan tidak akan menyentuh dasar wajan. Oleh karena itu, cara ini bisa diaplikasikan untuk meminimalisir agar ikan tidak lengket. Tidak hanya itu, menggunakan minyak yang banyak ketika menggoreng ikan pun akan membuat ikan matang dengan sempurna.

Jangan bolak-balikan ikan
Ketika anda hendak membalikan ikan, maka anda harus memastikan bahwa ikan tersebut sudah dalam keadaan kering. Anda harus mempertimbangkan untuk membalikan ikan karena akan membuat dagingnya hancur.

Celupkan Telur
Untuk ikan yang memiliki duri lunak tentunya kita akan sedikit kesusahan untuk mendapatkan ikan dengan tampilan yang cantik. Oleh sebab itu, sebelum ikan digoreng akan lebih baik jika anda mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam telur yang sudah dikocok. Beru setelah itu, anda bisa menggorengnya seperti biasa. Dengan cara ini ikan yang anda goreng dijamin tidak akan hancur ataupun lengket.

Tips Agar Ikan Tidak Meletup Ketika Digoreng
Untuk mencegah agar minyak tidak meletup ketika digoreng, maka anda bisa menambahkan jeruk nipis ke dalam minyak yang sudah panas. Baru setelah itu, anda bisa langsung menggorengnya tanpa harus ada rasa khawatir terciprat oleh minyak panas.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan garam pada minyak goreg. Lalu biarkan minyak goreng sampai panas. Baru setelah itu, goreng ikan sampai matang.

Jahe juga bisa digunakan untuk mencegah minyak meletup keluar. Anda bisa menambahkan beberapa irisan jahe yang sebelumnya sudah dikupas ke dalam minyak goreng. Tunggu sampai minyak goreng benar-benar panas. Jika sudah panas, masukan ikan yang akan anda goreng .