Bagaimana tinjauan geologi Zona Kendeng?

image

Tinjuan Fisiografi

Setiap daerah memiliki setting geologis yang berbeda. Wilayah Jawa Timur, secara fisiografis, seperti yang dipaparkan oleh Van Bemmelen (1949) dapat dibagi ke dalam 7 satuan fisiografi, yang dari selatan ke utara adalah :

  • Pegunungan Selatan
  • Busur Vulkanik Kuarter
  • Zona Pusat Depresi Jawa
  • Zona Kendeng
  • Zona Depresi Randublatung
  • Zona Rembang dan Madura.
  • Dataran Aluvial Utara Jawa

fisiografi jawa timur

Zona Kendeng merupakan salah satu zona dalam satuan fisiografi Jawa Timur yang terletak di utara deretan gunung api yang terbentuk dari endapan berusia Kenozoikum muda, yang umumnya terlipat kuat disertai sesar­-sesar sungkup dengan kemiringan ke arah selatan.

Zona Kendeng memiliki panjang 250 km dan lebarnya 40 km. Zona ini dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan perbedaan stratigrafi dan perbedaan intensitas tektoniknya (Van Bemelen, 1949) yaitu:

  • Kendeng Barat
    Kendeng Barat meliputi daerah yang terbatas antara Gunung Ungaran hingga daerah sekitar Purwodadi dengan singkapan batuan tertua berumur Oligo-­Miosen Bawah yang diwakili oleh Formasi Pelang. Batuannya mengandung bahan vulkanis. Daerah ini memiliki struktur geologi yang rumit yaitu banyak sesar-­sesar sungkup
  • Kendeng Tengah
    Kendeng Tengah mencakup daerah Purwodadi hingga Gunung Pandan sebagai batuan tertua yang tersingkap berumur Miosen Tengah. Daerah ini terdiri dari sedimen bersifat turbidit (laut dalam) yang diwakili oleh Formasi Kerek dan Formasi Kalibeng, prosentase kandungan bahan piroklastik dalam batuan sedimen menurun ke arah Utara. Struktur geologinya relatif tidak rumit.
  • Kendeng Timur
    Kendeng Timur terdiri dari endapan­endapan Kenozoikum akhir yang tersingkap di antara Gunung Pandan dan Mojokerto. Di daerah ini hanya endapan Pliosen dan Plistosen. Struktur geologinya adalah antiklin yang sumbunya menggeser ke utara dan menunjam ke timur.

Tinjuan Stratigrafi

Menurut Pringgoprawiro (1983), maka secara stratigrafi Zona Kendeng dapat dibagi menjadi unit­-unit stratigrafi sebagai berikut :

  • Formasi Pelang
    Terdiri dari napal abu­abu yang masif sampai berlapis yang kaya fosil dan batulempung abu­abu dengan sisipan batugamping bioklastik. Lapisan ini diendapkan pada lingkungan neritik dan berumur Oligosen Akhir ­ Miosen Awal.

  • Formasi Kerek
    Terdiri dari endapan turbidit dengan ketebalan 800 m, sebagian besar terbentuk oleh lapisan yang menghalus dan menipis keatas dengan tipe struktur sedimen arus densitas. Litologinya terdiri atas batupasir tufaan, batulempung, napal, dan batugamping. Formasi ini berumur Miosen Awal – Miosen Akhir.

  • Formasi Kalibereng (Kalibereng Bawah)
    Terdiri dari napal abu­abu kehijauan kaya fosil dengan sisipan tuf berlapis tipis. Sedimen ini diendapkan pada lingkungan bathyal . Bagian atas dari Formasi Kalibeng (Anggota Atasangin) terdiri atas perlapisan batupasir tufaan berukuran halus­kasar, tuf putih, dan breksi volkanik. Sedimen ini diendapkan oleh mekanisme turbidit. Formasi ini berumur Miosen Akhir – Pliosen.

  • Formasi Sonde (Kalibereng Atas)
    Bagian bawah dari formasi ini (Anggota Klitik) didominasi oleh perlapisan napal pasiran, batupasir gampingan, dan tuf. Sedangkan bagian atasnya terdiri atas batugamping mengandung Balanus dan grainstone . Formasi ini diendapkan di lingkungan laut dangkal dan berumur Pliosen.

  • Formasi Pucangan
    Terdiri atas batupasir kasar­konglomeratan, batupasir, batupasir tufaan, dan lempung hitam yang mengandung moluska air tawar. Di Zona Kendeng bagian barat dan tengah, Formasi Pucangan berkembang sebagai fasies daratan. Sedangkan di bagian timur Zona Kendeng, Formasi Pucangan merupakan endapan laut dangkal. Formasi ini berumur Pliosen Akhir – Pleistosen Awal.

  • Formasi Kabuh
    Terdiri dari perlapisan batupasir kasar dengan perlapisan silang­siur, fosil vertebrata, lensa konglomerat, dan tuf. Di Zona Kendeng bagian barat dan tengah, Formasi Kabuh diendapkan pada lingkungan darat, sedangkan di Zona Kendeng bagian timur Formasi Kabuh mempunyai fasies yang berbeda­beda, fasies darat berangsur­ angsur berubah menjadi fasies laut yang makin keatas berubah ke batuan volkanik yang diendapkan pada lingkungan pantai.

  • Formasi Notopuro
    Terdiri dari endapan lahar, tuf, dan batu pasir tufaan berumur Pleistosen yang diendapkan pada lingkungan darat.

Tinjauan Tektonik Regional

Secara umum wilayah Jawa Timur dapat dikelompokkan menjadi 5 (lima) provinsi tektonik (Yulihanto, dkk., 1995 dalam Darman dan Sidi, 2000) dari utara sampai selatan yaitu:

  • Lereng utara, termasuk paparan benua stabil Rembang dan zona transisi Randublatung.
  • Zona Kendeng, merupakan kemenerusan Zona Bogor di sebelah timur, yang merupakan sebuah cekungan laut dalam yang labil.
  • Busur vulkanik modern.
  • Lereng selatan, wilayah pengangkatan regional.

peta geologi  struktur jawa timur

Zona Kendeng yang terletak di lereng utara, secara tektonik merupakan wilayah yang secara kuat terlipat dan kadang­kadang tersesarkan dengan kuat. Pembentukan struktur masih sangat muda dan kemungkinan besar masih aktif. Sumbu perlipatan memiliki orientasi barat-­timur dan paralel dengan rangkaian pegunungan vulkanik di selatan, hal ini mengindikasikan adanya keterkaitan rezim kompresi dengan pembentukan struktur yang terjadi di wilayah ini.

Pola struktur yang dominan berkembang di Pulau Jawa (Pulunggono dan Martodjojo, 1994) adalah Pola Meratus berarah timur laut – barat daya terbentuk pada 80 sampai 53 juta tahun yang lalu (Kapur Akhir – Eosen Awal). Pola Sunda berarah utara-­selatan, terbentuk 53 sampai 32 juta tahun yang lalu (Eosen Awal – Oligosen Awal) dan Pola Jawa yang berarah barat-­timur terbentuk sejak 32 tahun yang lalu.

Di Jawa Timur, seperti pada gambar, pola Meratus merupakan arah yang dominan di kawasan lepas pantai Utara. Pola Sunda (utara­-selatan) yang umumnya berpola regangan tidak terlihat jelas di kawasan Jawa Timur. Untuk Pola Jawa yang berarah barat-­timur, kelurusan Pegunungan Kendeng adalah yang paling khas mewakili Pola Jawa. Pola Jawa umumnya diwakili oleh perlipatan atau sesar yang beranjak naik ke utara atau timur-laut.