Bagaimana Tiktok mempengaruhi karier kita?

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang sangat terkenal saat ini. Banyak penggunanya yang berusia remaja hingga orang tua yang menggunakan aplikasi ini. Salah satunya karena banyaknya konten-konten informatif yang didapatkan setelah menonton Tiktok itu sendiri, mulai dari video memasak, enteirtaimen hingga informasi mengenai karier kita. Informasi mengenai karier ini dapat ditemukan diberbagai kanal Tiktok. Ada yang menginformasikan tentang tips dan trik untuk CV yang baik, lowongan kerja serta tips untuk wawancara. Lalu adakah pengaruh Tiktok terhadap karier kita? Bisakah dengan menonton Tiktok karier kita meningkat?

Bukan dengan menonton Tiktok karier kita meningkat, tapi bagaimana caranya dengan membuat tiktok sebagi media pemasaran yang menarik minat penonton tiktok terhadap produk, jasa, atau konten yang kita tawarkan. Tiktok sebagai media yang sedang tren dan dilihat oleh seluruh penjuru dunia, tidak hanya sebagai hiburan juga dapat sebagai mdia pemasaran.dan tutorial.

2021-09-13T04:33:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha

Menurut saya, TikTok membawa pengaruh yang beragam untuk penggunanya. Menyesuaikan dengan jenis informasi dan konten seperti apa yang ingin dinikmati, maka TikTok bisa menjadi salah satu media yang menawarkan pilihan menarik. Contohnya adalah TikTok dengan konten seputar dunia kerja. Biasanya pengguna TikTok akan membagikan konten berupa tips dan trik CV yang dilirik oleh HR, lowongan magang hingga kerja, informasi bootcamp atau webinar, serta contoh pertanyaan sekaligus jawaban saat wawancara. Tentunya konten seperti ini sangat membantu pengguna lainnya yang ingin mengembangkan kemampuan serta pengetahuan mereka akan dunia kerja.

Jika ditanya adakah pengaruh TikTok terhadap karier, secara langsung tidak ada. Namun, informasi dari TikTok dapat diterapkan untuk menunjang karier kita. Yang perlu diingat adalah kita pun harus pintar dalam memilah informasi yang disediakan di TikTok dan menggunakannya secara bijak. Jadi, saya rasa secara tidak langsung TikTok mempengaruhi karier kita. Namun, dengan menonton TikTok saja, tentunya tidak akan membantu. Perlu adanya proses pemilahan informasi dan menerapkan yang sekiranya baik dan sesuai.

Menurut saya hal seperti ini sendiri bersifat subjektif, yang artinya tidak semua orang dapat mengalaminya. Karena informasi di Tiktok seperti karier, tips dan trik wawancara atau pun seputar pekerjaan lainnya hanya ditentukan berdasarkan algoritma dari Tiktok itu sendiri. Semakin sering kita menonton maka video yang berkaitan akan sering muncul juga. Hal ini saya rasa tidak efektif, karena tujuan aplikasi tersebut juga untuk hiburan dan konten informatif, bukan sarana utama informasi seputar pekerjaan.

Jadi menurut saya sendiri mungkin memang ada pengaruhnya akan tetapi sangat kecil, akan lebih baik menggunakan platform seperti Glints, LinkedIn, atau Kalibrr yang memang dikhususkan untuk pengembangan karier maupun pencarian tenaga kerja.