Bagaimana tidur yang berkualitas ?

Tidur adalah kebutuhan setiap orang dalam melangsukan sebuah kehidupan, kita sering kali tidak memikirkan bagiamana caranya agar tidur kita menjadi tidur yang berkualitas sehingga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan kita. Lalu apa saja tips agar tidur menjadi berkualitas ?

Hindari kafein
Kafein yang bertahan dalam tubuh dapat membuatmu sulit tidur - dokterbabe
Kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak begitu saja dikeluarkan dengan cepat. Kafein akan bertahan di dalam tubuh setidaknya lima hingga delapan jam, dan selama inilah kafein akan memengaruhi kondisi tubuhmu.
Salah satunya adalah kesulitan tidur. Jadi, jika kamu mau tidur nyenyak, cara yang pertama adalah, hindari mengonsumsi minuman berkafein. Misalnya saja seperti kopi, minuman bersoda, atau bahkan teh.

Mandi Sebelum Tidur
Mandi sebelum tidur bisa bantu kamu tidur lebih nyenyak - dokterbabe
Lelah kerja seharian jangan dijadikan alasan untuk kamu menghindari mandi. Karena ternyata mandi di malam hari sebelum tidur dapat menjadi cara mengatasi susah tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak.
Mandilah dengan air hangat dan gunakan sabun dengan aroma yang menenangkan seperti chamomile. Harum chamomile dan hangatnya air dapat membuat tubuhmu menjadi lebih rileks, dan kamu pun bisa tertidur dengan nyenyak.

Konsumsi Makanan Super
Makanan dengan kandungan selenium, vitamin C, dan likopen dapat memberikanmu tidur yang nyenyak - doktebabe
Apapun yang masuk ke dalam tubuhmu akan memberikan pengaruh. Nah, untuk membantu kamu tidur nyenyak, kamu perlu mengonsumsi beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi yang bisa mempermudah proses tidurmu.

Misalnya makanan yang mengandung selenium (kacang-kacangan, kerang, ikan tuna, dan ikan kod), vitamin C (stroberi, pepaya, nanas, brokoli, buah-buahan sitrus), dan likopen (semangka, tomat, dan pepaya).

Hindari Merokok Sebelum Tidur
Nikotin di dalam rokok ternyata bisa membuatmu sulit tidur - dokterbabe
Seperti kafein, ternyata nikotin juga dapat memberikan efek yang sama terhadap tubuh. Zat berbahaya dalam rokok dapat membuat kamu sulit tidur.
Jadi, sekalipun merokok dapat memberikanmu rasa tenang, sebaiknya hindarilah merokok sebelum tidur. Lagipula, selain bisa membuatmu kesulitan tidur, merokok juga tidak baik untuk kesehatan.

Olahraga Sebelum Tidur
Hormon endorfin yang keluar saat olahraga bikin kamu tidur nyenyak - dokterbabe
Ada beragam manfaat olahraga bagi kesehatan. Satu diantaranya mendukung tidur nyenyak. Olahraga dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa tenang, senang, mengurangi stres, menjadi pereda rasa sakit, dan dapat mempermudah tidur.

Meski olahraga dipercaya mampu mempermudah tidur, memilih waktu yang tepat untuk berolahraga merupakan hal yang penting. Pasalnya, sebagian orang justru merasa lebih segar dan sulit tidur setelah olahraga.

Referensi