Bagaimana tempat atau wadah yang dibutuhkan memelihara katak?

image

Apakah setiap jenis katak memiliki tipe wadah yang sama? Bagaimana tempat atau wadah yang dibutuhkan memelihara katak?

Sebelum memilih jenis tempat atau wadah untuk katak peliharaanmu, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Wadah katak harus terhindar dari sinar matahari langsung setiap waktu, karena akan menaikkan suhu di dalam wadah, dan membuat wadah menjadi tidak nyaman (dan mungkin berbahaya) kering dan panas di dalam wadah katak.

  • Wadah katak harus dijauhkan dari dapur, karena asap dan uap yang berasal dari memasak dapat membahayakan katakmu.

  • Kamu juga perlu berhati-hati untuk memastikan tidak ada semprotan aerosol yang masuk ke wadah katak (seperti semprotan cat pada garasi atau semprotan rambut di kamar tidur) karena aerosol dapat terserap melalui kulit katak, dan berpotensi membuat katak sakit.

Ukuran wadah

Terkadang, katak yang paling kecil di sebuah toko binatang peliharaan akan menjadi katak raksasa ketika dewasa. Sebagai contoh, katak pixie (siapa pun akan mengira ini adalah katak miniatur) pada awalnya panjang katak ini berukuran di bawah satu inci (2.54 cm), tetapi dapat bertumbuh sampai katak ini berukuran lebih dari delapan inci (20.32 cm).

Katak besar membutuhkan wadah yang luas. Sebagai contoh, bullfrog dewasa membutuhkan wadah sebesar 75 galon (283.5 Liter), atau lebih. Bila mereka dipelihara di wadah yang berukuran terlalu kecil, katak ini mejadi tak bahagia dan sakit.

Wadah yang besar membutuhkan ruang yang banyak di rumah dan membutuhkan usaha lebih untuk menjaganya tetap bersih. Katak ini juga memakan lebih banyak makanan, membuat biaya pakan mereka lebih mahal dibandingkan jenis katak yang lebih kecil.

Ini adalah alasan lain untuk melakukan penelitian terlebih dahulu dan mencari tahu keturunan katak dengan tepat sebelum kamu membelinya

Tipe tempat atau wadah untuk beberapa jenis katak

  • Wadah untuk Katak Daratan: Ini adalah tipe wadah katak yang paling mudah, tetapi kamu hanya dapat menggunakannya pada jenis katak yang datang dari lingkungan yang kering.

  • Wadah untuk Katak Air: Ini adalah tipe wadah katak yang digunakan untuk jenis katak yang hidup di air secara sederhana wadah ini seperti akuarium yang diisi air, seperti wadah ikan.

  • Wadah Half and half: Ini adalah tipe wadah katak yang paling sering ditemui, dimana sebagian wadah diisi dengan air, dan sisi lainnya kering. Kebanyakan katak akan ada dalam keadaan baik dengan lingkungan seperti ini.

  • Wadah untuk Katak Pohon: Wadah untuk katak pohon didesain spesifik untuk katak pohon yang menghabiskan banyak waktu memanjat di ranting. Wadah seperti ini biasanya lebih tinggi dan lebih sempit dari kebanyakan wadah katak.

  • Kolam: Di beberapa situasi, kamu tetap dapat menyimpan jenis katak asli di kolam belakang rumahmu. Terkadang dengan membangun sebuah kolam akan menarik katak lain ke halamanmu dan kamu tidak akan kesusahan untuk menangkap semua katak tersebut! Akan tetapi, jangan pernah untuk menyimpan katak yang bukan berasal dari alam liar di kolam luar rumahmu, karena mereka mungkin menganggu ekosistem dengan memakan jenis katak asli dan serangga langka lainnya.