Bagaimana teknik pijakan point saat melakukan panjat tebing?

teknik pijakan point dalam panjat tebing
Saat melakukan panjat tebing terkadang alam memiliki karakteristik mereka sendiri, termasuk tebing. bagaimana cara kita saat melakukan atau mencari pijakan saat panjat tebing ?

Teknik memegang poin :

- Crimp / Half Crimp

Teknik ini adalah cara memgang hand hold ( Point ) yang ekstrim, dengan 4 jari dan dibantu ibu jari diatasnya yang berfungsi sebagai pengunci, teknik ini dipakai pada saat arah hand hold ( Point ) normal (Menghadap keatas)

- Open

Teknik ini hampir sama dengan Crimp / Half Crimp diatas perbedaannya hanya pada ibu jari, pada teknik ini tidak memakai ibu jari sebagai pengunci, ini teknik adalah dasar dari teknik pegangan yang ada dan dapat dilakukan pada semua jenis hand hold ( Point ) selama hand hold ( Point ) yang terpasang normal (Menghadap keatas).

- Palm

Teknik ini adalah cara memegang hand hold ( Point ) dengan menggunakan telapak tangan bagian dalam ( dekat dengan ibu jari ) bukan pada jari sebagai tumpuannya, teknik ini dapat dilakukan dengan posisi lengan lurus dalam usaha menambah ketinggian

- Lying / Block

Teknik ini adalah memegang satu hand hold ( Point ) dengan kedua tangan kita atau dapat juga disebut 1 titik dua tumpuan.

- Two Finger

Teknik ini adalah cara memegang hand hold dengan dua jari saja, untuk memgang memakai dua jari sebaiknya menggunakan jari tengah dan jari manis karena akan menghasilkan cengkraman yang optimal.

Teknik pijakan poin :

- Edging

Teknik ini adalah teknik dasar dalam pemanjatan untuk pijakan, pengertiannya teknik ini menggunakan ujung sepatu / ujung kaki dari mulai sisi luar, tangah, dan sisi dalam teknik ini mutlak berfungsi apabila pemanjat memakai sepatu.

- Smearing

Teknik ini adalah cara memijak hand hold di sepatu bagian tengah / telapak atas dibawah jari kaki, teknik ini dapat berfungsi dengan baik apabila kita menemukan tebing smearing kurang dari 90 derajat akan tetapi dapat juga digunakan apabila kita menemukan hold yang berjenis slap.

- Hooking

Teknik ini adalah cara memijak hold dengan menggunakan tumit pada teknik ini dapat dilakukan pada saat menemukan contur dinding roof / pada saat akan melewati roof. Satu kaki bertumpuan memakai tumit.