Bagaimana teknik memancing ikan ditengah laut ?

Memancing adalah salah satu cara yang digunakan nelayan dalam menangkap ikan. Bagaimana teknik memancing ikan ditengah laut ?

Teknik mancing ikan ini sering disebut offshore. Teknik ini mempunyai cara yang bisa dilakukan diantaranya.

Mancing dasaran (bottom fishing)

Dilakukan diatas perahu yang di jangkar di sebuah lokasi yang dianggap potensial seperti daerah yang terdapat gugusan karangnya, tubiran dll. Menggunakan pemberat dengan bahan timah agar dapat menenggelamkan umpan hingga kedasar laut. Pemberat timah disini disesuaikan dengan kencanganya arus laut di lokasi tersebut. Untuk alat disesuaikan dengan target ikan yang akan kita pancing, karena mancing di tengah laut bisa mendapatkan ikan kecil juga sangat berpotensi mendapat ikan besar. Jadi gunakan tipe conventional sabab demham senar kenur ukuran menengah dan tali pancing yang cukup panjang kita bisa mendapatkan ikan besar.

Mancing Hentak (jerking)

Teknik sama dengan mancing dasar, perbedaan mendasar hanya pada umpan yang digunakan. Mancing hentak menggunakan umpan tiruan yang sudah diberi pemberat supaya tenggelam sampai dasar laut. Umpannya biasanya menyerupai ikan kecil, udang, cacing dll. Melempar umpan dan mengulur kenur/benang hingga umpan sampai dasar laut, kemudian gulur kenur pancing perlahan sambil menggerakkan joran supaya menciptakan gerakan pada umpan agar tampak hidup. Setelah umpan sampai permukaan, tenggelamkan lagi umpannya, kemudian gulung lagi. Demikian terus berulang-ulang hingga ikan menyambar umpan yang kita pasang. Piranti yang digunakan sama dengan mancing dasar, spinning, baitcasting dan conventional.

Mancing terhanyut (drifting)

Teknik ini dilakukan dengan menghanyutkan umpan dan menjalankan perahu perlahan diarea sekitar karang/ gugusan terumbu karang tempat ikan berkumpul sehingga umpan akan terliht hidup yang akan memancing perhatian ikan target. Setelah ikan menyambar umpan kita lemparkan jangkar untuk menangkap ikan yang terkumpul. Alat dan piranti yang digunakan berjenis spinning, baitcasting atau conventional.

Mancing tonda (trolling)

Target dari mancing tonda adalah ikan-ikan dengan ukuran besar. Piranti yang digunakan adalah conventional. Umpan yang dipakai usahakan umpan hidup/umpan tiruan ataupun umpan segar. Umpan dihela dibelakang perahu.

Sumber: