Bagaimana Teknik Melukis Dengan Air brush?

Orang yang membuat teknik dasar melukis dengan air brush ini adalah Abner Peeler, penduduk Amerika Serikat. Bagaimana teknik melukis dengan air brush ini?

Teknik dasar melukis ini mulai dikenal pada tahun 1879. Orang yang membuat teknik dasar melukis dengan air brush ini adalah Abner Peeler, penduduk Amerika Serikat. Peeler mempunyai lebih dari 100 paten untuk setiap alat yang berhubungan dengan air brush. Setelah satu bulan menciptakan air brush, Peeler dapat menciptakan teknik dasar air brush dan melukis wajahnya. Air brush yang patennya dimiliki oleh Peeler dijual kepada Liberty Walkup, anak perusahaan dari Walkup Brothers, seharga 700 dolar. Libery Walkup mengambil penawaran tersebut dan memproduksi air brush di pabriknya sampai terjual 63 unit pada tahun 1882. Pada tahun berikutnya, Liberty Walkup mendirikan pabrik khusus Air Brush di Rockford, Illinois.

Beberapa karya Air brush yang terkenal masuk museum di Amerika Serikat. Diantaranya adalah sketsa wajah dari Mark Twain, yang dilukis oleh Will Mc. Entee dari Walkup Brothers. Charles L. Burdick memberikan inovasi kepada air brush dengan menciptkan pen bertipe internal mix airbrush. Alat tersebut mempunyai paten yaitu needle control system atau pengaturan pengeluaran cat dengan menggunakan sebatang jarum. Sejak itu, perusahaan bersaing satu sama lain untuk mengembangkan alat ini.

Air brush di Indonesia dikenalkan oleh para seniman dari Belanda. Tidak ada catatan lengkap mengenai sejarah Indonesia. Indonesia pada umumnya tidak memberikan ilmunya kepada orang lain. Sehingga para pelukis air brush Indonesia tidak menduplikasikan tekniknya, dan menyebabkan sedikitnya jumlah pelukis air brush Indonesia.

Air brush mempunyai banyak kegunaan yang sangat beragam. Contohnya adalah untuk memperbaiki foto, sebagai pengecatan seni arsitektur, pembuatan sampul majalah, mewarnai ukiran, dan desain sampul kaset. Tidak menutup kemungkinan juga untuk membuat iklan billboard, melukis diatas body otmotif, bahkan hingga tato. Air brush dapat digunakan secara beragam tergantung kreatifitas dari pengguna / pelukisnya.