Bagaimana teknik lampu Kilat Built-in jika ingin membuat hasil Lingkaran Bokeh pada saat Hujan?

Hari hujan yang gelap mungkin tampak kurang ideal untuk memotret, tetapi sesungguhnya banyak kesempatan untuk mengubah pemandangan biasa menjadi foto ajaib

jika kalian pernah mencoba membidik secara normal (yaitu, tanpa lampu kilat) pada hari hujan, kemungkinan akan menghasilkan bidikan seperti yang di bawah ini:

image

foto ini ambil dengan setingan Manual exposure (f/2.8, 1/30 det.)/ ISO 1600 , Lampu kilat built-in: Off (Mati). Ini tidak terlihat seperti dibidik pada saat waktu hujan ? karena hujannya begitu halus, sehingga nyaris tidak terlihat dalam bidikan. sehingga Ini tidak membantu, pada saat dalam kegelapan pada waktu hujan, biasanya akan menggunakan aperture lebar dan kecepatan rana yang lebih lambat untuk menghasilkan pencahayaan yang layak, yang dapat memburamkan lebih jauh tetes hujan dan membuatnya tidak terlihat.

image

foto ini menggunakan lampu kilat built-in, ini akan “membekukan” tetesan air hujan dan membuatnya merefleksikan cahaya, mengubahnya menjadi sumber cahaya titik yang sempurna untuk menciptakan lingkaran bokeh. foto diatas adalah hasil bidikan yang diambil pada pengaturan yang sama seperti foto sebelumnya Manual exposure (f/2.8, 1/30 det.)/ ISO 1600, Lampu kilat built-in: On (Hidup).

Cara menggunakan lampu kilat untuk mengubah titik hujan menjadi lingkaran bokeh.

image

Prosedur pemotretan :

  • Fokus pada pemandangan di balik hujan (dalam hal ini, bangunan gedung) dan susun bidikan.
  • Tetapkan kamera ke Aperture-priority AE (Av) mode.
  • Gunakan pengaturan aperture terlebar.
  • Hidupkan lampu kilat built-in dan bidik.
  • Kalau lingkaran bokeh berupa runutan jejak, tingkatkan kecepatan rana dengan menggunakan[kecepatan ISO yang lebih tinggi. Inilah yang kami maksudkan dengan mengikuti jejak lingkaran bokeh.

Berikut adalah detail tekniknya :

1. Gunakan aperture lebar dan fokus pada pemandangan latar belakang

Ini meningkatkan efek bokeh latar depan pada tetes air hujan yang lebih dekat ke Anda, menyebabkan lingkaran bokeh yang lebih cerah dan lebih besar apabila Anda menembakkan lampu kilat.

2. Kalau lingkaran bokeh Anda berupa runutan jejak, tingkatkan kecepatan rana
Apabila kecepatan rana terlalu lambat, buram gerakan akan menyebabkan tetes air hujan meninggalkan jejak dan terlihat seperti bintang jatuh. Untuk menghindari ini, naikkan ISO speed untuk menghasilkan kecepatan rana yang lebih pesat.

image
foto ini menggunakan setingan kamera Manual exposure (f/8, 1/13 det.)/ ISO 1600 digunakan untuk Lingkaran jejak yang kecil. Pada aperture sempit (f/8) dan kecepatan rana yang lambat, tetes air hujan membentuk lingkaran jejak yang lebih kecil, yang terlihat lebih seperti guratan. Ini terlihat cukup artistik, tetapi ini bukan efek yang ingin kita ciptakan.

image

foto ini menggunakan setingan kamera Manual exposure (f/2,8, 1/200 det.)/ ISO 1600 digunakan untuk Lingkaran jejak yang besar. Pada aperture yang lebih besar dan kecepatan rana yang lebih pesat, lingkaran bokeh besar ditangkap dan menyampaikan kesan salju yang sedang turun.

Kedua teknik ini tidak hanya berlaku untuk hujan, tetapi juga untuk salju. Ini merupakan teknik yang bagus untuk dikuasai sewaktu bepergian ke luar negeri.

Hal yang perlu diketahui untuk melindungi perlengkapan kamera kalian.

Kamera tidak kedap air atau waterproof , meskipun seandainya dilengkapi dengan weather-sealed . Selalu ambil langkah tindakan untuk melindungi kamera agar tidak terkena basah, seperti memotret dari tempat terlindung, atau menggunakan selubung hujan atau housing yang kedap air.

Lensa prima sudut lebar yang cepat

Lensa EF24mm f/2.8 IS USM

image

Lensa EF-S24mm f/2.8 STM

image

Lensa EF-M22mm f/2.0 STM

image

Apabila memotret di malam hari atau pada hari hujan, kekurangan cahaya menyebabkan kecepatan rana melambat untuk menghasilkan pencahayaan yang memadai. Untuk menjaga agar kecepatan rana tidak terlalu lambat, sebaiknya gunakan lensa prima cepat (aperture besar) sehingga dapat menetapkan aperture selebar f/2.8 atau di bawahnya. Versi sudut lebar khususnya berguna untuk fotografi lanskap serta jalanan, dan sebagai bonus, lensa tersebut biasanya juga ringan dan mudah dibawa-bawa.