Bagaimana teknik analisis data dalam plan risk responses?

MR

Plan Risk Responses terdapat input, teknik, dan ouputnya. Salah satu teknik dalam Plan risk responses ialah Analisis data. Bagaimana teknik analisis data tersebut?

Analisis data merupakan salah satu teknik dalam plan risk responses.

Beberapa strategi alternatif dalam respon risiko dapat dipertimbangkan. Teknik analisis data dapat digunakan untuk memilih strategi dalam respon risiko.

Diantaranya:

  • Alternatives Analysis
    Perbandingan sederhana dari Karakteristik dan persyaratan dari alternatif pilihan dalam respon risiko yang dapat mengarahkan pada keputusan respon mana yang paling tepat.
  • Cost Benefit Analysis
    Cost Benefit Analysis merupakan alat analisis keuangan yang digunakan untuk memperkirakan kekuatan dan kelemahan alternatif untuk menentukan alternatif terbaik.
    Cost Benefit Analysis akan membantu manajer proyek menentukan yang mana respon yang terbaik. Jika dampak risiko dapat diperhitungkan dalam hal moneter, maka efektivitas biaya strategi respon risiko alternatif dapat ditentukan dengan menggunakan cost benefit analysis. Rasio (change in impact level) dibagi dengan implementation cost memberikan efektivitas biaya dari strategi respons, dengan rasio yang lebih tinggi, maka respons akan lebih efektif.

Sumber:
PMBOOK Edisi ke 6