Bagaimana Tanggapan Kalian Mengenai Cowok yang Suka Menggunakan Skincare


Sumber foto
Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang banyak sekali kaum pria menggunakan skincare untuk perawatan wajahnya. Namun, banyak juga yang menjudge mereka seperti perempuan karena menggunakan skincare, dan ini merupakan salah satu toxic masculinity. Menurut tanggapan kalian, apakah cowok tidak boleh menggunakan skincare?

Skincare merupakan rangkaian perawatan kulit agar kulit menjadi lebih sehat, terawat, dan mengatasi berbagai permasalahan kulit. Skincare itu tidak memiliki gender yang artinya semua orang baik laki-laki maupun perempuan bebas untuk menggunakan skincare. Aku juga sering mendengar kalau cowok yang menggunakan skincare dianggap seperti “perempuan” padahal itu salah besar. Kulit seseorang itu wajib banget untuk dirawat dan dijaga bahkan kulit laki-laki lebih rentan timbulnya jerawat dibandingkan dengan kulit perempuan. Masih banyak yang menganggap bahwa skincare hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja sehingga memicu munculnya toxic masculinity yaitu anggapan bahwa skincare merupakan tindakan yang tidak maskulin.Tidak seharusnya laki-laki merasa gengsi ketika menggunakan skincare karena hal tersebut merupakan bentuk perawatan diri sendiri.

kalau aku mewajarkan hal itu, sebab tidak hanya perempuan laki-laki tentunya juga ingin memiliki penampilan yang enak dipandang apalagi soal wajah, rata-rata temen cowok aku pada pake skinker wajah. trus kalau ngezoom malem-malem buat ngerjain tugas mereka pada sambil skinkeran :joy:

Saya justru senang saat mengetahui ada cowok yang memakai skincare. Menurut saya, skincare tidak hanya untuk perempuan karena skincare sendili adalah sebuah perawatan kesehatan untuk kulit. Pastinya, semua orang ingin tampil bersih, kan? Baik perempuan maupun laki-laki pasti mengalami masalah kulit. Maka dari itu, cowokpun boleh menggunakan skincare, malah menjadi nilai tambah sendiri bagi saya.

Menurut saya, merawat kulit seharusnya menjadi sebuah hal yang normal untuk setiap manusia tanpa memandang jenis kelamin dan gendernya. Apakah laki-laki tidak membutuhkan skincare? Saya rasa laki-laki tetap membutuhkan skincare untuk menjaga kesehatan kulit. Jujur saja, saya juga sering bertanya-tanya mengapa laki-laki yang merawat kulit/diri sering dianggap aneh atau tidak wajar. Padahal, menurut saya, merawat diri atau merawat kulit menjadi salah satu bentuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Saya justru senang jika ada laki-laki yang tidak malu menggunakan skincare dan merawat dirinya.

Menurut saya itu malah bagus, cowok tersebut berarti mempentingkan penampilan dari segi wajah. Skincare yang dipakai juga untuk merawat wajah agar tetap sehat dan bersih. Akan tetapi, kalau misal menggunakan skincare secara “berlebihan” seperti menggunakan lipstik, maskara, dan lain sebagainya ini malah dapat merusak citra mereka sebagai cowok. Karena, cowok tidak perlu menggunakan skincare yang seharusnya tidak digunakan.

Menurut saya itu sebuah kewajaran, dan sangat bagus untuk dilakukan. Kulit juga butuh nutrisi dan perlindungan jadi tidak ada masalah jika cowok menggunakan skincare. Karena cowok juga manusia, sangat perlu untuk merawat diri. Tapi akan jadi salah jika tidak sewajarnya jadi gunakan skincare sawajarnya saja.

tentu saja mendukung mereka, karena merawat kulit tidak hanya dilakukan oleh perempuan laki-laki juga harus agar menjaga penampilan mereka, karena pasti mereka ingin tampil bersih dan menarik jadi tidak masalah jika laki-laki menggunakan skincare

Saya sangat tidak setuju dengan pernyataan bahwa laki-laki tidak boleh menggunakan skincare. Anggapan bahwa laki-laki yang menggunakan skincare sering kali dianggap lebay dan feminim. Padahal skincare merupakan kebutuhan setiap individu, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Selama individu tersebut memiliki kulit ya kulit mereka harus dirawat agar tidak rusak. Merawat kulit atau diri sebagai salah satu bentuk rasa cinta kepada diri. Di samping itu, juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Tidak semua orang terlahir dengan kulit mulus, bersih, glowing, dan sehat setiap saat. Apabila seseorang menyadari bahwa kulit mereka perlu untuk mendapat perawatan, maka hal tersebut bagus adanya. Sebagian orang menjadikan wajah sebagai hal utama yang dilihat oleh mata ketika bertemu dengan orang lain. Wajah yang sehat tentu dapat membuat pemiliknya menjadi lebih percaya diri. Apabila saya mengetahui laki-laki yang rutin menggunakan produk perawatan wajah, maka saya akan ikut senang dan mendukung. Saya rasa hal tersebut berdampak baik terhadap dirinya sendiri. Karena dengan merawat, berarti ia mau untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi.

“Bagus” mungkin menjadi kalimat yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan ini. Setiap laki-laki tentunya ingin wajah mereka bersih dan mulus di hadapan semua orang. Namun tidak semua laki-laki terlahir dengan kondisi seperti itu dan penggunaan skincare menjadi cara untuk merawat kulit wajah mereka agar bersih dan mulus. Merawat kulit wajah merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh laki-laki sendiri untuk menjaga penampilan mereka dan merupakan bentuk mencintai diri sendiri. Jadi sangat wajar jika laki-laki menggunakan skincare.

Menanggapi topik ini, saya pribadi adalah sebuah hal kewajaran untuk seorang pria menggunakan skincare yang kita tau skincare nota benenya itu identik dengan wanita. Namun tidak perlu menjadi sebuah perdebatan sebab laki-laki juga ingin terawat dalam arti memiliki kulit yang sehat dan lebih bersih. Maksudnya mungkin rangkaian skincare pria dan wanita itu sangat berbeda, sebab untuk kandungan skincare yang diformulasikan kepada pria saja adalah jenis kulit yang berbeda dengan wanita yang kita tahu bahwa kulit wanita jauh lebih sensitif dari pada kulit pria. Nah, jika pria memakai skincare bukan berarti ia memiliki jiwa keperempuanan, melainkan hanya ingin membuat kulitnya sehat dan lebih bersih selain mandi setiap hari dan melakukan aktivitas olahraga setiap harinya.

Bukan hal yang tabu ya. Justru saya sangat terkesan apabila seorang laki-laki secara sadar mau memperhatikan kebersihan dan penampilannya. Urusan penampilan tentu tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk orang-orang yang melihatnya. Ketika penampilan mu bersih dan menarik, tentu orang-orang akan merasa nyaman berada di dekatmu. Malah menurut saya tidak baik jika menormalisasi bahwa pengguna skincare adalah untuk kaum hawa saja. Jangan dianggap karena laki-laki memiliki sifat maskulin, sehingga dikatakan bahwa yang memakai skincare dianggap menyalahi norma atau aturan.