Bagaimana tanggapan atau pendapat anda tentang anak usia dini yang sudah fasih bahasa inggris ?

image

Haloo, bahasa indonesia merupakan bahasa resmi dari negara kita, yakni Indonesia. Namun bahasa indonesia bukanlah bahasa internasional. Maksudnya tidak berlaku bagi seluruh dunia. Bahasa inggris lah yang merupakan bahasa universal atau internasional. Oleh sebab itu, banyak orang indonesia sendiri yang lebih giat untuk memahami bahasa inggris tersebut. Tujuannya hanya tak sekedar ingin dibilang keren bisa atau mahir dalam bahasa inggris, namun juga bahasa inggris dijadikan syarat untuk melamar pekerjaan misalnya. Hal itu sah-sah saja menurut saya asal tidak melupakkan bahasa ibu kita, yakni bahasa indonesia.
Namun satu hal yang membuat saya agaknya khawatir adalah ketika anak usia dini (sekitar 3-6 tahun) sudah mahir berbicara bahasa inggris. Mereka langsung diajarkan untuk menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bahkan mereka di masukkan ke dalam taman kanak kanak yang standarnya internasional dan menggunakan bahasa inggris sebagai komunikasi.

Menurut saya hal seperti ini dapat membuat anak tersebut untuk kedepannya terkikis rasa nasionalismenya. Karena mereka sendiri tidak menggunakan bahasa indonesia. Dan semua dokumen dokumen resmi (seperti pancasila, uud 45, dll) ditulis dalam bahasa indonesia, bagaimana mereka akan mempelajari itu semua ketika mereka hanya paham bahasa inggris tersebut ?

1 Like

Menurut artikel yang saya baca, mengajarkan bahasa inggris kepada anak sejak dini memang perlu dilakukan karena mempunyai banyak manfaat, baik untuk masanya maupun untuk masa depannya.
http://nunungwidijantie.blogspot.co.id/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Menurut saya pribadi anak yang sudah fasih berbicara bahasa inggris secara dini memang baik untuk masa depannya. Namun sebagai warga negara indonesia yang baik, orang tua seharusnya lebih mengutamakan pembelajaran bahasa indonesia yang baik dan benar terhadap anak usia dini yang nantinya akan menjadi generasi penerus, sehingga anak akan memiliki rasa kebanggaan yang tinggi terhadap bangsa Indonesia.

Menurut saya, mempelajari bahasa, apakah itu bahasa Indonesia atau Inggris tentulah sangat baik. Apalagi samapi bisa menguasainya di usia dini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, sebagai orang tua yang mengajarkan anak mereka bahasa Inggris, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan anak mereka bahasa Indonesia, dimana bahasa Indonesia telah menjadi bahasa Ibu dari anak tersebut dan juga bahasa tanah air tempat anak tersebut dibesarkan. Kedua, dengan mengajarkan bahasa Inggris tentu orang tua harus mengerti dampak yang ditimbulkan, dengan banyaknya hal tersebut disarankan bagi orang tua untuk dapat membatasi ruang gerak anak agar tidak terjebak dalam salahnya informasi atau pergaulan (contoh; internet dan games menggunakan bahasa Inggris).

Sangat baik mempeleajari bahasa Inggris sejak dini, dapat membantu mereka untuk merasa familiar terhadap bahasa tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri lagi, keluhuran Indonesia sendiri semua tertulis dan terbilang dalam bahasa Indonesia yang dimana haruslah diajarkan mulai dini pula.

Gunakan percakapan ringan bahasa Ingrris setiap hari, agar anak mengenal bahasa tersebut. Gunakan juga tema tentang Indonesia dalam bahasa Inggris agar anak juga bisa sekalian mengenal tanah air dan juga belajar bahasa Inggris.

Seperti itu pemikiran saya terhadap anak yang fasih bahasa Inggris, semua itu tergantung dari bimbingan orang tua dan juga pendidikan yang mereka terima, secara formal maupun informal.

1 Like

Halo mas Moesimu , salam kenal. Topik yang menarik mas.

Di zaman sekarang ini ,orang sudah saatnya mengembangkan dan menggali potensi diri mereka, salah satunya dengan menguasai bahasa. Karena ada pepatah yang mengatakan " Anda bisa menguasai dunia hanya dengan menguasai Bahasa ", dan menurut pendapat saya ini benar adanya, selain itu juga persaingan untuk mendapatkan sesuatu yang berkulitas kian tinggi , maka dari itu kenapa banyak orang tua yang mempersiapkan anaknya sejak dini untuk membekali mereka dari awal agar siap bersaing.

Sebenarnya banyak sekali yang bisa didapatkan dari belajar bahasa inggris sejak dini , dimana pada saat itu otak manusia masih fresh untuk bisa menyerap sesuatu yang baru . Dan ketika budaya berbahasa inggris ini sudah menjadi kebiasaan sejak kecil , maka kedepannya diharapkan akan bisa memperluas relasinya kelak. Tidak bisa kita pungkiri di zaman sekarang ini saja kita dituntunt untuk bisa memperluas relasi dan jaringan seluas-luasnya, bahkan sampai ke luar negeri, karena hal ini akan sangat membantu kita ke depannya.

Ada banyak alasan kenapa belajar bahasa inggris itu penting , diantaranya seperti bisa mendapatkan informasi yang lebih bagus dari buku yang berbahasa inggris , karena buku yang berbahasa inggris ini telah diakui keabsahannya oleh dunia , lalu memperoleh informasi yang lebih universal serta mempermudah belajar seseorang , apalagi bagi mereka yang sedang mempelajari komputer, karena hampir buku pengantar ilmu komputer menggunakan bahasa inggris.

Kemudian ketika seseorang sejak dini diajarkan bahasa Inggris , apa lantas ia tidak mencintai negaranya ? tidak bangga dengan bahasa nasionalnya ? atau malah ia dianggap sebagai penghianat negara ?? Persepsi ini sudah salah kaprah , tentu saja semangat nasionalisme dan patriotisme seseorang tidak bisa diukur hanya dengan melihat bahasa apa yang ia kuasai , malah menurut saya hal ini bisa menunjukkan kalau kita sangat cinta akan negara ini . Bukti sederhananya seperti ini , ketika seseorang fasih dan bisa berbahasa inggris dengan baik , maka akan mempermudah jalannya untuk menuntut ilmu ke luar sana , mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Setelah itu ia akan kembali ke negaranya dan akan mengabdi dan berbakti untuk negaranya dari ilmu yang didapat dari luar negeri tersebut, lantas apakah ini masih saja dianggap menguasai bahasa inggris berarti tidak mencintai negaranya??? …

sumber referensi :http://informid.com/mengajarkan-anak-bahasa-inggris-sejak-dini/