Bagaimana tanggapan anda terhadap bahasa - bahasa daerah yang ada pada Indonesia?

kebiasaan

(Buana Randa) #1

Maksud saya dengan pertanyaan tersebut adalah, sebagai contoh, ketika orang datang dari luar Malang, datang ke Malang, namun masih membawa kebiasaan - kebiasaan pada daerahnya yang sebenarnya tidak cocok dilakukan di kota Malang seperti, sikap, sopan santun, kebiasaan, bahasa dan lain sebagainya.

Saya ambil contoh dari aspek bahasa. Jika seseorang menggunakan bahasa daerah asalnya untuk berkomunikasi di daerah lain, ini dapat menimbulkan kesalahpahaman arti dan maksud, saya pribadi dan juga teman saya terkadang merasa terganggu jika ada orang lain yang berkomunikasi dengan saya atau teman - teman saya namun tidak menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah tempat saya tinggal saat ini. Kenapa orang membawa budaya daerahnya dari pada membaur dengan lingkungan sekitar? Kenapa tidak melakukan komunikasi berdasarkan daerah yang ia tinggali, bahasa daerah tersebut atau bahasa Indonesia?

Seperti yang kita ketahui bahwa diIndonesia kita mengenal peribahasa “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, yang artinya kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dimana kita berada. Apakah ada toleransi khususnya dalam berbahasa?

Melihat fenomena tersebut, saya pribadi cukup heran dengan orang yang masih melakukan hal seperti itu. Namun, dalam hal ini, tidak ada yang salah atau benar.

Bagaimana tanggapan anda atas opini dan hasil pengamatan pribadi saya? Bagaimana sikap yang harus dilakukan untuk menyikapi fenomena tersebut?


(BN Prasetiyani) #2

Bahasa daerah merupakan salah satu kekayaan dari bangsa Indonesia. Menurut saya, orang yang masih ‘terbawa’ bahasa daerahnya tersebut masih belum sepenuhnya beradaptasi dengan cara hidup masyarakat yang ada di lingkungan barunya. Proses adaptasi memerlukan waktu juga, tidak semua orang mampu beradaptasi dengan baik. Alangkah baiknya kalau kita menghargai mereka dan mengingatkan apabila ada sesuatu hal yang kurang berkenan, dengan demikian kita sama-sama belajar untuk menghargai dan menghormati bahasa daerah lain.


(Putera Maranatha sitorus) #3

menurut saya tentang masalah bahasa bahasa yang berbeda di indonesia
kita yang harus punya jiwa toleransi terhadap orang disekitar kita
contoh " saya lagi ngobrol dengan temen saya asal daerah lain dan dia tidak mengerti bahasa kita , pasti obrolannya tidak bakalan asik "
itu menurut saya


(Buana Randa) #4

Saya sangat setuju dengan opini anda. Memang kita terkadang sangat sulit beradaptasi, dan masih membawa budaya asal kita masing - masing, kita masih terbawa akan beberapa kebiasaan dan juga dalam hal ini bahasa daerah.

Namun, disisi lain, kita adalah orang Indonesia, mengapa kita tetap membawa bahasa daerah, jika sebenarnya kita memiliki bahasa kesatuan yaitu bahasa Indonesia yang lebih gampang diterima oleh seluruh penduduk Indonesia? Bagaimana tanggapan anda?
Terimakasih


(BN Prasetiyani) #5

Menurut referensi, salah satu fungsi dari bahasa daerah adalah sebagai pendukung Bahasa Nasional yang keberadaannya diakui oleh Negara. UUD 1945 pada pasal 32 ayat (2) menegaskan bahwa “Negara menghormati dan memilihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.”

Menurut saya, tidak ada salahnya menggunakan bahasa daerah. Dengan menggunakan bahasa daerah, kita juga bisa ikut melestarikan bahasa daerah yang mulai kalah dengan bahasa asing. Mungkin juga orang tersebut sudah kebiasaan menggunakan bahasanya selama di daerah asalnta. Jadi itu semua tergantung orangnya, yang sebaiknya berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik ketika berbicara dengan orang lain. Perlu memiliki kesadaran bahwa tidak semua orang mengerti akan bahasa daerahnya. Dengan demikian komunikasi akan tetap berjalan dengan baik.


(Buana Randa) #6

Sangat setuju dengan anda, dimana toleransi memang berasal dari individu masing - masing. Hal ini terlihat sepele namun, seperti ini kenyataannya, kurangnya toleransi terhadap satu dengan yang lain dapat memicu berbagai hal.

Bahasa sebenarnya memang kekayaan negara, apa lagi bahasa daerah, yang mana harus kita lestarikan. Karena kita tahu, bahasa asing sekarang sepertinya telah menjajah bangsa kita, orang - orang lebih tertarik menggunakan istilah asing dari pada bahasanya sendiri, dan ada juga yang mencampur aduk bahasa Indonesia dengan bahasa asing dalam tulisan maupun berbicara.

Tidak ada yang salah dalam menggunakan bahasa daerah, namun yang perlu diperhatikan adalah dimana kita akan menggunakan bahasa tersebut, apakah cocok? apakah dapat membantu kita untuk mendapat informasi?

Terimakasih.:smile::+1: