Bagaimana tanggapan ada terhadap perkembangan youtube menurut anda saat ini?

teknologi

(Muhamad Rifky) #1

Halo, akhir-akhir ini sosial media merupakan hal yang sepertinya sudah wajib bagi semua kalangan, tak terbatas pada usia. Salah satunya adalah youtube. Youtube merupakan salah satu sosial media yang dimana cara menggunakannya adalah berbagi dengan meng-upload video tentang apa saja. Banyak topik topik di youtube, mulai dari gaming, cover music, vlog dan lainnya.

Baru-baru ini youtube istilahnya baru saja meng-update terms of servicenya, yang menyangkut dengan men-demonetizing video dari kreator yang melanggar, isi dari termsnya sendiri bisa dibaca di link ini: https://support.google.com/youtube/answer/6162278

Memang kalau diakui banyak dari kreator youtube yang terkenal, banyak yang melanggar dari aturan tersebut. Alasan mereka memprotes ini adalah karena seperti yang kita tahu, uang yang dihasilkan dari monetize video youtube adalah sangat sangat banyak. Bahkan kebanyakan kreator tersebut tidak mempunyai pekerjaan lain selain ya membuat konten di youtube itu sendiri.

Dan jika ingin menyangkut pautkan dengan konten yang kreator buat, memang banyak konten yang menurut saya kurang pantas untuk dibawah 18. menurut saya itu adalah hak para kreator dalam ‘melukiskan’ seninya, youtube sendiri pun sudah menyediakan limit 18+ untuk video yang sekiranya tidak pantas.

Dan menurut saya juga untuk mengakses internet terutama, kita harus sudah bisa membedakan mana baik mana buruk. Terkadang orang hanya sekedar mengakses kemudian mempraktekan apa yang mereka lihat. Itu menurut saya yang sangatlah fatal. Jika sekiranya bahkan sampai pemerintah Indonesia ikut campur dalam permasalahan konten konten youtube, dimana hiburan yang dapat menampilkan sesuatu yang gamblang dan tidak dibatasi. Konten di tivi yang menurut saya sudah tak ada manfaatnya mau dimana lagi? Selain di youtube.

Jika anda ingin mencari lebih dalam tentang masalah ini anda bisa gunakan #YoutubePartyIsOver
Bagaimana tanggapan anda? :slight_smile:


(Ade Listiawan) #2

Yang sering kita dengar tentang youtube saat ini adalah “Youtube lebih sekedar dari televisi” dan menurut saya hal itu benar. Mengapa? Kita dapat sangat banyak melihat sebuah karya-karya baik dibidang entertainment, edukasi, maupun hal lainnya. Namun kurangnya perhatian youtube dalam pengeloksian konten sangatlah rentan. Seperti pada konten vevo pada video clip music sekarang sangatlah tidak layak dilihat dibawah umur.


(Muhamad Rifky) #3

Ada pendapat lain bagaimana tentang perkembangan youtube akhir-akhir ini? Apalagi setelah rapper yang baru naik daun, Young Lex, mengunggah video klip terbarunya, Bad. Yang lagunya berisi bahwa bersikap negatif sebenarnya tidak apa-apa, asal tidak lewat batas wajar.