Bagaimana tahapan vaksinasi pada hewan Ayam yang terkena penyakit Tetelo?

Dalam bahasa penyebutannya penyakit tetelo juga sering disebut penyakit samper ayam atau pes cekak, penyakit ini sering menyerang unggas seperti ayam karena terjadi infeksi viral yang berakibat gangguan pada saraf pernafasan, virus yang membawa penyakit ini adalah virus paramyxo. Bagi peternak yang sudah lama malang melintang didunia peternakan pasti sudah tahu akan bahaya dari penyakit ini karena penyakit ini memiliki sifat menular dengan jangka waktu yang sangat singkat antara 3 – 4 hari sudah dapat menyerang seluruh ternak.

Vaksinasi harus dilakukan untuk memperoleh kekebalan. Vaksinasi pertama, dilakukan dengan cara pemberian melalui tetes mata pada hari ke 2. Untuk berikutnya pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntikan di intramuskuler otot dada.
Untuk memudahkan untuk mengingat mengenai waktu pemberian vaksin, seorang pakar menyarankan agar memberikan vaksin ini dilakukan dengan pola 444. maksudnya vaksin ND diberikan pada ayam yang berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan dan seterusnya dilakukan 4 bulan sekali. Akan tetapi pola pemberian ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan efektivitas terbaik dari hasilnya.