Bagaimana tahapan perkembangan telur ikan ?

telur ikan

Bagaimana tahapan perkembangan telur pada ikan, mulai dari awal hingga menetas ?

Menurut Wallace dan Selman (1981 dalam Billard 1992), perkembangan telur ikan secara umum meliputi empat tahap, yakni:

  1. Tahap pertumbuhan awal adalah terjadinya pelepasan hormone gonadotropin (GtH-independent) yang di cirikan dengan bertambahnya ukuran nucleus dan jumlah nucleolus.

  2. Tahap pemmbentukan kantung kuning telur, di cirikan dengan terbentuknya kantung atau vesikel. Pada perkambangan telur selanjutnya, kantung kuning telur ini akan membentuk kortikal alveoli yang berisi butiir-butir korteks. Tahap ini juga di cirikan dengan terbentuknya zona radiata, perkambangan ekstra seluler, dan bakal korion.

  3. Vitelogenesis, di cirikan oleh bertambah banyaknya volume sitoplasma yang berasal dari semua sel, yakni kuning telur atau di sebut juga vitelogenin. Vitelogenin di sintesis oleh hati dalam bentuk lipophosphoprotein-calsium komplek dan hasil mobilisasi lipid dari lemak visceral. Selanjutnya kuning telur di bawa oleh darah dan di transfer ke dalam sel telur secara endositosis.

  4. Tahap akhir dari perkembangan telur adalah pematangan, yakni tahap pergerakan germinal vesikel ke tepi dan akhirnya melebur (germinal vesicle break down) selanjutnya membentuk pronuklei dan polar bodi II.

Sumber: