Bagaimana tahapan dalam menggunakan teknik scorecard?

Dalam menentukan prioritas pengembangan produk dapat menggunakan berbagai macam teknik. Salah satu teknik yang dapat digunakan yaitu Scorecard. Lalu bagaimana tahapan dalam menggunakan teknik tersebut?

Tahapan untuk menggunakan teknik Scorecard yaitu dapat dilakukan seperti berikut.

  1. Pastikan tema dan strategi yang akan dirilis sudah solid

  2. Lakukan persetujuan kepada stakeholder tentang kriteria scorecard yang akan dirilis sebelum prioritas dibuat. Ketika mendefinisikan scorecard, disarankan membuat daftar parameter dan bobot yang diusulkan, dan kemudian konsultasikan dengan Eksekutif untuk menyesuaikannya.

  3. Identifikasi fitur yang paling relevan berdasarkan tema yang telah ditentukan. Jika menerapkan kriteria scorecard untuk setiap fitur maka akan berisiko kehilangan fokus dan tidak sesuai dengan arah tujuan strategis. Jadi kelompokkan kandidat fitur yang paling baik untuk tema rilis, dan hanya terapkan scorecard ke fitur-fitur tersebut.

  4. Untuk masing-masing fitur tersebut, tetapkan skor (1-100) untuk masing-masing kategori yang ada pada scorecard. Skor 100 berarti fitur akan memiliki dampak yang sangat tinggi pada kategori tersebut.

Referensi

https://danielelizalde.com/product_management_scorecard/