Bagaimana tahapan cara membuat probiotik vitamin untuk ikan ?

Probiotik ikan

Probiotik adalah bahan untuk membantu dalam menjaga kualitas air di dalam usaha budidaya ikan lele dan probiotik ini dapat menghilangkan bau yang tidak sedap pada budidaya ikan lele ini cocok bagi anda yang tidak suka dengan bau ikan lele. Probiotik berfungsi sebagai makanan tambahan juga, karena probioik yang diberikan adalah sejenis organisme bakteri yang berfungsi menjaga kualitas air atau pun menjadi makanan ikan lele bahkan dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele.

Bagaimana tahapan cara membuat probiotik vitamin untuk ikan ?

Cara pembuatan probiotik yaitu sebagai berikut:

Sebelum membuat bahan bahan tersebut seting wadah fermentasi yang digunakan. Penyetingan dilakukan dengan siapkan wadah / tong kemudian kasih lubang sebesar selang aeratot pada bagian atas wadah / tong, kalau bisa dibuat sesempit mungkin. Kemudian siapkan botol aqua dan di lubangi pada yang sebesar selang aerator. Fungsi selang aerator sebagai penyetabil suhu adonan yang yang ada didalam tong dengan diluar dengan lewat botol aqua yang di isi air dengan mencegah agar udara tidak masu kedalam.

Setelah penyetingan wadah siap, bahan – bahan yang disebutkan tadi dicampur kedalam ember atau wadah lainnya dan kemudian pindah kewadah yang sudah dipersiapkan tadi kira – kira ukuran wadah minimal 30 liter dan tutup rapat – rapat wadah atau tong tersebut, jangan lipa pasang selangnya. Setelah itu tunggu hingga minimal 7 hari dan selalu di cek bila wadah menggelembung segera bukak pelan – pelan kemudian tutup kembali. Setelah satu minggu silakan dipakai, biasanya untuk budidaya lele dipakai tiga hari dalam sekali.

Sumber: