bagaimana langkah-langkah dalam membuat product roadmap yang baik?
- Mengumpulkan Masukkan
- mulai dengan mengumpulkan input.
- Masukan berasal dari sumber yang berbeda.
- Mendapatkan wawasan dan mengumpulkan informasi dari para pemangku kepentingan utama kami (seperti tim penjualan dan pemasaran), serta pemangku kepentingan eksternal kunci (seperti investor kami).
- mengumpulkan data dan menganalisis data itu.
- mencari pesaing kami, baik lansekap maupun teknologi yang sedang tren.
- Menetapkan Tujuan
- Setelah mengumpulkan masukan , perlu mengurai informasi menjadi tujuan yang jelas.
- Sasaran dapat ditetapkan untuk perusahaan itu sendiri, untuk departemen yang ditangani, untuk produk tertentu yang melibatkan perusahaan, atau bahkan fitur spesifik yang perusahaan miliki sebagai bagian dari tim produk itu.
- Tujuannya adalah tujuan yang luas dan ambisius yang dapat menginformasikan diskusi yang bermakna tentang jenis proyek atau rilis apa yang mungkin benar-benar mewujudkan tujuan tersebut.
- Menentukan Hasil
- Prinsip inti dari Agile adalah “hasil keluaran.”
- Tujuan yang di buat hanya sebaik dampak yang perusahaan harapkan dari mereka (kepada pelanggan kami, untuk bisnis kami, untuk masa depan kami).
- Menentukan hasil membantu kita menetapkan dan memprioritaskan tujuan yang benar.
- Mengukur Hasil / Iterasi
- Sebagaimana (dan setelah) perusahaan melaksanakan kegiatan roadmap yang perusahaan rencanakan, perusahaan harus mengukur hasil aktual dari pekerjaan kami.
- Hasil tersebut menjadi masukan baru untuk menginformasikan proses.
- Ini adalah sifat siklus dari roadmap.