Bagaimana strategi manajemen waktu yang baik?

image

Bagaimana memanajemen waktu yang efekif sehingga kita menjadi produktif dan pekerjaan menjadi tertata?

Aku pribadi adalah orang yang sangat menghargai waktu, aku kurang menyukai orang-orang yang tidak on-time atau ngaret. Karena kita semua pasti merasakan kalau menunggu itu gak enak hehe. Banyak yang diuntungkan saat kita dapat mengatur waktu dengan baik. Selain kita dapat menjalankan aktivitas berikutnya dengan tepat waktu juga, kita dapat membuat orang lain ikut menjadi on-time karena merasa tidak enak kalau membuat kita menunggu juga.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatur waktu yang baik versi aku, diantaranya dengan memahami terlebih dahulu kegiatan apa saja yang akan dilakukan, beri estimasi waktu dari tiap kegiatan agar bisa menentukan kegiatan tersebut mulai dan selesai di pukul berapa. Lalu buat prioritas dari yang terpenting dan sekiranya menghabiskan waktu yang tidak terlalu lama agar di kegiatan yang sekiranya menghabiskan waktu lama dijalaninya dengan tidak terburu-buru dan yang terpenting menurutku, set alarm 10-15 menit lebih cepat pada tiap jadwal kegiatan, itu berguna untuk meminimalisir keterlambatan dan bisa digunakan untuk waktu istirahat/ siap-siap.

1 Like

Merujuk pada pengalama saya dalam manajemen waktu yang baik adalah dengan satu kunci yaitu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, karena dengan kita memanfaatkan waktu luang kita dapat menjadi lebih produktif. Selain itu yang paling berpengaruh juga membuat jadwal dan to do list untuk kegiatan sehari- hari, menurut saya dengan ada nya to do list membuat kita lebih produktif dan menjadi tertata dalam melakukan suatu kegiatan

Metode manajemen waktu yang baru saya pelajari dan terapkan sekarang ini adalah time blocking. Time Blocking adalah metode manajemen waktu dan format penjadwalan untuk meningkatkan produktivitas melalui fokus menyelesaikan pekerjaan secara spesifik dengan membagi waktu yang kita miliki dalam satu hari menjadi blok-blok kecil.

Menurutku ini sangat efektif untuk membuat kita fokus dalam satu hal saat melakukan pekerjaan atau single tasking sehingga tidak terdistraksi dengan kegiatan/pekerjaan lain.

Menurut saya pribadi manajemen waktu yang baik adalah dengan tidak memuang buang waktu atau biasa dikenal dengan memanfaatkan waktu dengan baik, dan mungkin juga dengan berfikir time is money jadi jika dirasa memiliki waktu luang lebih baik digunakan untuk mencari hal baru agar terlihat produktif yang bermanfaat bagi kita sendiri kedepannya

Menurut saya strategi manajemen waktu yang baik adalah Hentikan Kebiasaan Menunda. Kalau kita sering menunda-nunda membuat banyak rencana tak rampung. Hentikan kebiasaan menunda mulai dari sekarang demi manajemen waktu yang lebih baik. Kemudian kita membuat jadwal. Kita bisa membuat jadwal, baik di ponsel maupun di jurnal, untuk mengingat pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Terlalu banyak pekerjaan sering membuat kita mudah jadi pelupa. Maka dari itu buatlah jadwal untuk mengingat kembali pekerjaan apa yang ingn diselesaikan. Kemudian buat prioritas. Kita harus memprioritaskan pekerjaan yang penting. Lalu disambung dengan pekerjaan yang ringan.

Agar waktu tidak terbuang sia-sia maka pekerjaan kita harus menjadi efektif, ada beberapa cara agar pekerjaan kita efektif, yaitu menyimpan pekerjaan di cloud seperti google drive, onedrive dll. agar menghemat ruang penyimpanan bisa dipakai oleh semua orang dimanapun dan kapanpun secara mudah dan cepat jika dibutuhkan, tidak hanya file yang bisa disimpan secara online, alarm pun bisa diatur secara online sehingga saat sedang ingat untuk atur alarm atau sedang tidak membawa handphone masih bisa mengatur alarm untuk agenda yang akan datang. Disamping alarm, untuk manajemen waktu yang baik tidak lain adalah membuat jadwal, sehingga dalam melakukan apapun menjadi teratur dan didukung oleh alarm membuat kita tepat waktu untuk kesana dan kemari dalam menjalankan aktivitas.

Menurut pengalaman saya dalam memanajemen waktu itu kita harus memprioritaskan hal yang penting untuk dilakukan terlebih dahulu, kemudian disusul hal-hal lain. Misalnya tugas kuliah, yang menjadi prioritas mungkin yang deadline nya lebih dekat dibanding yang lain, atau tugas yang mudah terlebih dahulu kita kerjakan. Lalu agar memanajemen yang baik kita juga harus perhatikan tubuh kita, dengan istirahat yang cukup dan jangan sampai telat makan.

Banyak dari kita yang memiliki kesibukan yang dapat dibilang cukup banyak, seperti misalnya sekolah, kuliah, bekerja dan lainnya. Ketika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik, maka semua hal yang akan kita lakukan akan menjadi kacau dan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan juga jika manajemen waktu ini tidak dilakukan dengan baik maka kita sendiri akan merasa kelelahan dan menjadi tidak produktif.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan manajemen waktu yang baik seperti :

  1. Memiliki atau membuat daftar tugas-tugas yang akan dilakukan.
  2. Membuat rencana kapan akan menyelesaikan tugas ditengah kesibukan.
  3. Menetapkan prioritas (melakukan mana yang harus didahulukan).
  4. Membagi beban tugas dan menghindari multitasking.