Bagaimana situasi deforestasi dunia saat ini?

deforestasi hutan
Deforestasi adalah proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non-hutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik yang disengaja atau terjadi secara alami. Deforestasi mengancam kehidupan umat manusia dan spesies mahluk hidup lainnya. Sumbangan terbesar dari perubahan iklim yang terjadi saat ini diakibatkan oleh deforestasi.

Saat ini sekitar 30% daratan di permukaan bumi masih ditutupi oleh hutan. Namun penyusutan luas hutan terjadi pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Setiap tahun diperkirakan 12-15 juta hektar hutan lenyap dari muka bumi. Keadaan ini setara dengan kehilangan hutan seluas 36 kali lapangan sepak bola setiap menit! Bila hal ini terus dibiarkan dalam tempo kurang dari 100 tahun hutan akan lenyap dari bumi ini.

Deforestasi terjadi baik di hutan temperate maupun di hutan hujan tropis. Hanya saja saat ini dunia sangat mengkhawatirkan laju deforestasi yang terjadi di hutan hujan tropis. Hal ini tidak terlepas dari penyustan hutan hujan tropis yang sangat besar. Padahal hutan tersebut berfungsi sebagai penyangga kehidupan di bumi yang kaya dengan keanekaragaman hayati dan menjadi penyimpan cadangan biomossa karbon paling besar.

Negara-negara yang memiliki hutan tropis tercatat mengalami deforestasi signifikan. Negara-negara tersebut diantaranya Brasil, Indonesia, dan Republik Demokratik Kongo. Indonesia merupakan negara dengan deforestasi paling paling parah di dunia. Bila ditarik satu abad kebelakang, Indonesia telah kehilangan 15,79 juta hektar hutan tropis. Luas ini hampir sepertiga dari luas negara Spanyol.