Bagaimana sistem reproduksi bintang laut?

image

bintang laut memiliki popula di permukaan tubuh yang juga disebut insang kulit yang digunakan untuk bernafas, masing-masing papula dinding tipis merupakan perpanjangan dari celoma, sehingga secara otomatis mengganti antara cairan coelomic dan air menjadi oksigen. seperti makhluk hidup lain, bintang laut juga bereproduksi, bagaimana caranya?

Reproduksi secara seksual oleh bintang laut adalah dengan cara melepaskan sel sperma ke air sehingga air tampak putih. Begitu pula sel telur pada betina, dengan cara berkumpul dalam kelompok-kelompok untuk bereproduksi akan meningkatkan kemungkinan sperma dan sel telur akan saling menemukan satu sama lain.
Bintang laut memiliki organ seksual di setiap lengannya. Ketika bintang laut bertelur, ia dapat mengeluarkan antara 12 hingga 24 juta telur.

Tahap telur
Ketika telur dibuahi mereka akan berkembang menjadi zigot. Beberapa spesies bintang laut akan melindungi telur mereka setelah mereka dibuahi. Mereka mungkin berada di atas telur agar mereka terlindung. Setelah telur menetas mereka dilepaskan ke laut terbuka dan melayang, dengan begitu mereka mulai mencari makanan.

Tahap larva
Pada tahap larva bintang laut seperti gumpalan jelly yang mengapung dan memakan pada flora dan fauna mikroskopis. larva ini terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Larva Bintang laut melalui metamorphosis dalam beberapa tahap hingga berkembang menjadi bintang laut dewasa. larva memiliki simetri bilateral, tetapi dalam bentuk dewasa mereka mereka akan memiliki simetri radial. simetri bilateral berarti bagian kiri dan kanan mirip satu sama lain, dimana pada hewan simetris radial anggota badan memancar dari satu titik di pusat tubuh.

Tahap remaja
Pada tahap terakhir dari perkembangan larva bintang laut adalah meninggalkan gaya hidup planktonik yang mengambang bebas. larva itu sendiri turun ke permukaan dan berubah menjadi tahap remaja. Sebuah bintang laut remaja terlihat seperti versi kecil dari dewasanya.
Bintang laut remaja menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pengasingan, bersembunyi di celah-celah dan di bawah batu untuk melindungi diri dari predator. Mereka juga menjelajahi lantai laut dan memakan ganggang dan partikel lainnya. Pada usia sekitar dua tahun bintang laut dianggap sebagai bintang laut dewasa dan dapat memulai tahap reproduksi.

Reproduksi aseksual pada bintang laut
Jika lengan bintang laut ini terputus dari tubuh pusatnya, bintang laut baru dapat terbentuk dari kedua potongan terpisah tadi. bintang laut dapat beregenerasi dari hanya lengan yang terputus menjadi individu baru. Disisi lain, bintang laut yang terpotong lengannya akan mendapatkan lengan baru. Karena dua bintang laut telah terbentuk, ini dianggap reproduksi aseksual.