Bagaimana sistem pendakian di Gunung Kinabalu?

kinabalu

Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi yang ada di Kalimantan. Adakah yang pernah mendaki ke Gunung Kinabalu? Jika ada bagaimana sistemnya?

Untuk bisa mendaki gunung kinabalu kalian harus memesan tempat penginapan sebelumnya. Jika tidak memiliki tempat penginapan di sekitar area gunung kita tidak diperkenankan untuk mendaki satu langkah pun.

Sebelum mendaki, kita akan dikenakan biaya masuk sebesar RM 4 per orang. Selain itu kita juga harus menyewa jasa pemandu, jika tidak ingin kesasar. Harga sewa pemandu sekitar RM 128 per pemandu.

Jalur pendakian yang harus dilewati jika ingin sampai ke puncak:

  • KM 0, adalah Pondok Timpohon. Di titik ini anak backpacker akan memulai perjalanan untuk sampai ke puncak. Ada jasa penyewaan tongkat untuk memudahkan kalian mendaki.
  • KM 0 – 1, adalah jalur dengan sedikit pendakian. Di jalur ini kalian akan melihat pemandangan air terjun Carson.
  • KM 2 – 4, adalah jalur pendakian anak tangga yang dibuat dari bebatuan dan tanah yang telah disusun rapi.
  • KM 4 – 6, disinilah tantangan yang sesuangguhnya dimulai. Kalian akan melewati jalur berkabut dan juga jalan setapak yang terdiri dari bebatuan yang beraneka ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Jalanan pada titik ini sangat licin.
  • KM 6, merupakan titik untuk beristirahat di penginapan Laban Rata Resthouse.
  • KM 6 – 8, ini adalah titik terakhir yang harus kalian lewati untuk sampai ke puncak Gunung Kinabalu. Ada sedikit tebing yang harus dipanjat, tapi mudah untuk dilalui. Kemudian sampai deh di puncak dengan pemandangan pepohonan hutan tropis khas Pulau Kalimantan.

Sumber: