Bagaimana siste politik Yordania?

Sistem politik di tiap negara berbeda-beda, meskipun ideologi atau pandangannya sama. Contohnya, ideologi komunis yang diterapkan di RRC dan Rusia sama, tetapi sistem politik yang diterapkan berlainan.

Yordania adalah negara yang berbentuk monarki konstitusional dan menjalankan syariat Islam. Lembaga (badan) negara Yordania terdiri dari Raja, Dewan Menteri, Majelis Nasional, dan Mahkamah (Majelis) Pengadilan.

  1. Raja, memiliki kekuatan yang besar karena selain memegang kekuasaan eksekutif, turut serta pula dalam kekuasaan legislatif dan yudikatif.
  2. Dewan Menteri, terdiri dari perdana menteri dan para menteri yang memiliki tanggung jawab secara kolektif kepada raja mengenai persoalan-persoalan politik umum negara. Kabinet di Yordania adalah kabinet raja.
  3. Majelis Nasional, disebut sebagai Majelis Al Umma, merupakan pemegang kekuasaan legislatif bersama raja. Majelis ini terdiri dari Majelis Al Ayaan, yaitu dewan orang-orang termuka yang beranggotakan 30 orang dan semuanya diangkat oleh raja, dan Majelis Al Nuwab (DPR), yaitu badan perwakilan yang beranggotakan 60 orang, terdiri atas 48 anggota orang muslim, 10 anggota orang Kristen, dan 2 anggota orang beragama Ciroassian.
  4. Majelis Pengadilan, terbagi menjadi tiga golongan, yaitu Mahkamah Sipil, Mahkamah Agama, dan Mahkamah Istimewa.