Bagaimana sinopsis Quinceañera?

Sutradara
Richard Glatzer, Wash Westmoreland
Penulis Skenario
Richard Glatzer, Wash Westmoreland
Bintang Film
Jesus Castanos, Araceli Guzman-Rico, Emily Rios, J.R. Cruz
Genre
Drama

Film quinceaÑera mengisahkan tentang seorang gadis bernama magdalena (emily rios). Sebentar lagi usianya akan menginjak 15 tahun, ini artinya magdalena akan menjadi seorang wanita dewasa. Namun hal itu belum sempurna tanpa upacara quinceañera. Upacara ini adalah upacara penanda sebagai gadis kecil yang telah tumbuh menjadi seorang wanita dewasa.

Magdalena pun merasa sangat bahagia. Bukan hanya karena usianya akan bertambah dan dirayakan. Magdalena akan merasakan jadi seorang putri untuk sehari. Memakai gaun layaknya seorang putri, memakai hiasan kepala, naik mobil mewah, memikirkan itu saja sudah membuat magdalena begitu bahagia. Ditambah akan ada acara pesta besar-besaran selama beberapa hari dan akan ada banyak orang yang datang. Ini membuat magdalena semakin tak sabar untuk cepat-cepat berusia 15 tahun. Memang seperti inilah budaya lokal guna merayakan para gadis yang menginjak usia 15 tahun.

Bayang-bayang kebahagiaan sudah ada di depan mata magdalena. Namun sebelum kebahagiaan itu benar-benar datang padanya, hal itu hanya menjadi sebuah mimpi sekarang, kenyataan berkata lain, ayah magdalena yang hanya seorang pendeta yang merangkap sebagai seorang petugas keamanan ini tak mampu untuk membiayai pesta besar untuknya. Magdalena pun harus memakai gaun pinjaman milik sepupunya. Dan naik mobil mewah telah berubah menjadi mimpi untuk selamanya. Tidak sampai disitu, sebelum dilaksanakan upacara quiñceanera, magdalena ketahuan tengah hamil. Sontak saja hal ini membuat hati magdalena begitu hancur dan membuat keluarga magdalena begitu murka. Ayah magdalena yang begitu taat pada agamapun menganggap hal ini begitu memalukan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengusirnya. Hal ini telah membuat keluarganya harus menanggung malu atas perbuatannya. Bukan hanya itu, upacara quiñceanera untuknya dibatalkan.

Seketika itu juga, kehidupan magdalena berubah drastis. Semua yang ia miliki hilang dalam sekejap mata. Hidup magdalena sekan tak berarti lagi. Namun magdalena akhirnya menemukan orang yang masih mau menerimanya, yaitu pamannya. Magdalena tak hanya tinggal dengan pamannya, melainkan dengan sepupunya juga bernama carlos (jesse garcia) yang seorang homo. Setelah sekian lama bersama, akhirnya ia menemukan arti sebuah keluarga bersama paman dan sepupunya.