Bagaimana sinopsis dari film Lincoln?

image

Lincoln adalah film tentang Presiden ke-16 Amerika Serikat yaitu Abraham Lincoln. Bagaimana sinopsis film tersebut?

Film ini menceritakan tentang kisah perjuangan seorang tokoh besar dalam sejarah negara Amerika Serikat, yang perjuangannya tidak hanya berarti bagi masyarakat Amerika saja, tapi juga bagi peradaban umat manusia secara luas. Abraham Lincoln (1809-1865) adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat yang memperjuangkan sebuah ide gila pada masanya, yaitu penghapusan sistem perbudakan di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Bagi banyak lapisan masyarakat Amerika yang konservatif pada masa itu, menghapus sistem perbudakan adalah keputusan yang akan sangat merugikan para tuan tanah dan pebisnis yang memiliki ratusan bahkan ribuan budak. Akhirnya opini publik terpecah hingga banyak masyarakat yang tidak setuju akan penghapusan sistem perbudakan membentuk aliansi di bawah nama Confederate States (Negara bagian Konfederasi) dan melakukan pemberontakan kepada negara di bawah kepemimpinan seorang politikus pro-perbudakan Jefferson Davis.

Pada masa inilah, Abraham Lincoln berjuang untuk memenangkan opini publik, sekaligus menumpas pemberontakan yang didasari kepentingan sebagian tuan tanah yang tidak mau kehilangan para budak-budak keturunan Afrika dan Native American, termasuk Jefferson Davis itu sendiri yang memiliki ratusan budak di bisnis perkebunan kapas miliknya.