Bagaimana siklus hidup nyamuk?

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga dari kerajaan animalia, filum arthropoda, masuk dalam kelas insect dan berordo diptera serta berfamili culicidae. Spesies nyamuk yang ada di dunia saat ini mencapai 2.700 spesies. Bentuk nyamuk panjang dan memiliki sayap bersisik serta memiliki kaki panjang dan moncong panjang. ukurannya biasanya tidak mencapai 15 cm. mosquito diambil dari bahasa spanyol yang berarti lalat kecil Karena memang hampir mirip dengan lalat.

  1. Telur nyamuk
    Nyamuk bertelur sama hal nya dengan daur hidup kupu-kupu yaitu dengan meletakan telurnya di dalam air, jika telur berada di luar air maka dapat dipastikan telur akan rusak dan mati. Cara nyamuk bertelur di atas air berbeda tergantung dengan jenisnya masing-masing. misanya saja nyamuk culex yang meletakan telurnya secara bersama dan bergerombol karena telurnya ini nanti bisa mengapung di atas air.
  2. Jentik nyamuk
    Setelah telur nyamuk menetas akan menjadi jentik nyamuk yang sama hal nya seperti daur hidup kecoa yang menghasilkan nimfa seperti jentik nyamuk juga. Bentuk dari jentik nyamuk panjang seperti benang dengan warna hitam. Proses sebagai jentik ini biasanya dilakukan hanya selama 8-10 hari tergantung dari suhu, udara, temperature dan banyaknya predator yang ada. Jentik nyamuk bernafas menggunakan bagian ujung ekornya. Mereka ini memakan berbagai organism atau sebagian dari beberapa jenis jentik nyamuk justru memangsa jentik lainnya. Jentik nyamuk harus hidup diatas air, bahkan dalam air dimanapun tempatnya.
  3. Pupa
    Fase selanjutnya setelah jentik nyamuk adalah pupa atau kepompong, pada fase ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 hari saja. fase ini merupakan fase terakhir nyamuk berada di dalam air, mereka bernafas menggunakan tanduk thorakis yang berada di dalam gelung thorakis. Setelah sayapnya terbentuk kemudian pupa nyamuk akan keluar dari air dan mulai berusaha terbang. Nyamuk akan belajar terbang dengan cepat dan saat itulah juga nyamuk sudah bisa dikenali jenis kelaminnya apakah betina atau jantan. Saat nyamuk keluar dari dalam kepompong dirinya harus berusaha belajar terbang tanpa menyentuh air artinya hanya kakinya saja yang bisa menyentuh air.
  4. Nyamuk
    Fase ini merupakan fase terakhir dari nyamuk. Ketika nyamuk sudah sempurna dia akan langsung siap mengelilingi dunia dengan sayapnya. Biasanya nyamuk akan melakukan perkawinan dalam jangka waktu 1 hingga 2 hari setelah dirinya keluar dari kepompong. Proses yang sangat cepat sama seperti daur hidup katak .