Bagaimana sikap yang paling baik untuk menghadapi seseorang yang "Crab Mentality"?

crab-mentality

Crab Mentality adalah sebagai cara untuk menggambarkan pola pikir yang egois, berbahaya, dan pencemburu dari beberapa anggota dalam kelompok, yang akan mencoba untuk melemahkan dan menghentikan kemajuan anggota lain yang lebih baik dalam kelompok.

Menurut kamu, bagaimana sikap yang paling baik untuk menghadapi sesorang yg “crab mentality”?

Referensi: https://www.google.co.id/amp/s/www.omaritani.com/blog/the-crab-mentality%3Fformat=amp

Saya sendiri pernah di situasi ini dan menurut saya dan referensi yang saya baca, cara terbaik untuk menghadapi orang yang memiliki crab mentality adalah:

  • Kita harus fokus pada pengembangan diri dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mendukung kesuksesan kita karena kita tidak akan bisa merubah pola pikir orang lain.

  • Jangan biarkan orang tersebut membuat kita lengah akan tujuan kita. Jangan merasa terbebani oleh kata-katanya apalagi hingga takut mengambil keputusan karena mereka bilang itu mustahil.

Kesimpulan nya, fokus pada diri sendiri dan pastikan kita berada di sekeliling orang-orang yang mendukung kita dan tidak mencoba menarik kita kembali ke dalam ember mereka seperti setumpuk kepiting di dalam ember.

Referensi: https://www.developgoodhabits.com/crabs-bucket/

Crab mentality atau mental kepiting memang harus untuk diwaspadai karena mengganggu kesuksesan orang lain. Mental kepiting diibaratkan dengan sekelompok kepiting yang ditaruh dalam satu ember. Ketika satu kepiting ingin mencoba keluar dari ember, kepiting lainnya akan mencapit atau menarik keluar kepiting tersebut agar tidak bisa keluar. Karena itulah, analogi ini digunakan untuk orang yang egois.

Ketika melihat teman yang sukses, seseorang akan berusaha untuk menjatuhkan orang tersebut karena tidak ingin melihat temannya berhasil dan ingin sama-sama gagal dalam mencapai tujuan. Mental kepiting memberikan hubungan yang tidak sehat dalam pertemanan sehingga memunculkan berbagai perilaku seperti mengkritik, meremehkankan, dan memanipulasi orang.

Nah, dalam menyikapi orang yang memiliki mental kepiting kita harus memiliki sikap cuek dan jangan pernah ragu dengan pencapaian yang telah kita miliki. Kemudian, harus optimis dan fokus. Jika seseorang yang memiliki mental kepiting membuat kita menjadi tidak percaya diri, selalu ingat untuk tidak pantang menyerah dalam meraih apa yang kita impikan. Selain itu, habiskan waktu di lingkungan yang positif karena berpengaruh besar terhadap kepribadian individu.

Referensi

Ketika kita menyadari tengah hidup dalam lingkungan crab mentality, maka hal yang paling tepat dilakukan pertama kali adalah dengan berusaha MEMAHAMI DIRI SENDIRI terlebih dahulu. Karena dengan memahami apa yang kita mau dan menyadari situasi, kita akan fokus dengan tujuan kita. Kedua, kalo kita tau teman kita ada yang memiliki ‘sindrom’ kepiting ini sebisa mungkin mengurangi intensitas bergaul dengannya, perlahan namun pasti keluar dari orang-orang toxic. Aku rasa, tidak perlu kita menjelaskan atau menceramahi kepada yang bersangkutan, karena mereka tidak butuh itu, justru akan tidak efektif dan akan timbul masalah baru (perselisihan). Ketiga, balikkan peran. Jika temanmu berusaha mengajakmu untuk moving to back, coba, train yourself to encourage your friends moving forward.
Oiya, salah satu akar masalah crab mentality ini bisa karena kurang rasa percaya diri. Maka, kita bisa membantu teman kita untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Keadaan crab mentality ini sudah sangat banyak ditemukan dikehidupan saat ini. Bahkan dilingkungan terkecil seperti keluarga sekalipun. Karena ini sudah sikap yang sudah banyak ditemukan, dan tidak mungkin kita mengubah sikap seseorang maka yang bisa kita lakukan adalah menghindari bermasalah dengan mereka dan tetap fokus kepada diri sendiri.

Mungkin hal ini akan sulit teratasi apabila orang yang mempunyai mental ini tetap mengusik hidup kita. Maka yang perlu dilakukan adalah kita perlu memberikan mereka sebuah pukulan keras. Bukan pukulan seperti perkelahian. Tapi lebih ke prestasi dan pencapaian yang kita dapatkan dan mereka tidak bisa dan susah untuk mendapatkannya. Hal ini akan mengecilkan mental mereka dan mungkin saja bisa membuat mereka sadar bahwa apa yang sudah dilakukan oleh dirinya sebelumnya adalah hal yang konyol.

Pada dasarnya kita memang tuidak bisa mengontrol sikap dan perilaku orang lain, melihat kasus crab mentality mungkin menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi tipe orang dengan crab mentality menurut saya bersikap cuek dan tetap fokus pada diri sendiri, agar tidak terdistrak dengan yang lain.