Bagaimana sikap seorang pemimpin dalam mengelola masalah yang ada di organisasi ?

Organisasi merupakan suatu perkumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Di dalam organisasi sendiri tentu ada masalah yang timbul. Masalah ini pada dasarnya diselesaikan secara bersama-sama. Namun bagaimana sikap seorang pemimpin/leader di suatu organisasi menyelesaikan masalah tersebut?

Ada beberapa sikap yang harus dilakukan pemimpin organisasi dalam menyelesaikan masalah, diantaranya :

1. Melakukan komunikasi yang transparan
Pemecahan masalah membutuhkan komunikasi yang transparan agar setiap perhatian dan sudut pandang orang dapat diekspresikan dengan bebas. Komunikasi merupakan kebutuhan yang mendasar. Itulah sebabnya ketika terjadi suatu masalah dalam organisasi, banyak orang yang tidak mengeskpresikan diri mereka sendiri karena mereka takut dapat mengancam pekerjaan mereka dan juga takut untuk mengekspos kesalahan mereka sendiri.

2. Memecah Silo
Silo di sini dimaksud sebagai kurangnya komunikasi dalam organisasi. Silo organisasi adalah akar penyebab sebagian besar masalah di tempat kerja dan mengapa banyak dari masalah tidak pernah terselesaikan. Setiap pemimpin suatu organisasi harus memecahkan silo/masalah dengan menggunakan komunikasi yang transparan juga.

3. Orang yang berpikiran terbuka
Untuk memecahkan masalah yang ada di organisasi, maka setiap karyawan dan juga pemimpin di organisasi tersebut haruslah berpikiran terbuka. Karena orang yang memiliki pikiran terbuka akan memilik banyak inovasi dan inisiatif dalam penyelesaian suatu masalah.

4. Strategi dasar yang solid.
Tanpa strategi, perubahaan hanyalah substitusi, bukan evolusi. Strategi dasar yang solid harus diimplementasikan untuk memecahkan masalah. Banyak pemimpin mencoba membedah masalah daripada mengidentifikasi strategi untuk perubahan yang ada dalam masalah itu sendiri. Pemimpin yang efektif akan menghubungkan titik-titik masalah dan meyusun rencana tindakan terlebih dahulu. Mereka memiliki strategi yang menjadi fondasi bagaimana masalah akan dikelola.

Source : The 4 Most Effective Ways Leaders Solve Problems