Bagaimana Seorang Tunanetra Berpakaian dengan Baik?

Saya punya teman kuliah tunanetra, dia tinggal di kos sendiri. Saya kagum setiap ke kelas ia selalu berpakaian rapi dan padu padannya sesuai. Bagaimana bisa begitu ya?

Tunanetra adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat (KBBI Daring). Kita mengetahui fashion adalah salah satu seni yang mengandalkan indera pengelihatan. Lantas apakah seseorang tanpa kemampuan pengelihatan secara otomatis off fashion (sebutan untuk orang tanpa gaya busana)?

Saat ini telah banyak bertebaran aplikasi yang dapat membantu penyandang disabilitas khususnya tunanetra agar dapat beraktivitas seperti masyarakat pada umumnya. Saya menghimpun beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh penyandang tunanetra agar tetap modis dengan pakaian yang dimilikinya.

1. Tap TapSee

tap

Aplikasi Tap TapSee daat membantu tunanetra agar dapat mengidentifikasi objek yang ada di hadapannya. Cara kerja aplikasi ini adalah ketika aplikasi dibuka maka secara otomatis kamera ponsel akan menangkap objek yang ada di hadapan kamera kemudian mengubah informasi gambar tersebut dengan suara (fitur Talkback pada ponsel pintar harus menyala). Melalui aplikasi ini seorang tunanetra dapat mengetahui jenis pakaian apa yang ingin dipakai atau apakah benda tersebut atasan maupun bawahan, bahkan aksesoris.

2. CODA (Color Detector for Blind)

Capture

Setelah mengetahui jenis pakaian maka unsur penting selanjutnya dalam berpakaian adalah warna. Pada aplikasi ini melalui ponsel pintar, seorang tunanetra dapat mengetahui detail warna dari atasan atau bawahan yang akan dipakai. Cara kerja aplikasi ini sama dengan aplikasi Tap TapSee, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke benda kemudian ponse akan mengeluarkan suara jenis warna benda tersebut. Aplikasi ini dapat membantu tunanetra agar lebih percaya diri dengan pilihan pakaian yang akan digunakannya karena membantu berpakaian dengan senada.
4 Likes