Bagaimana seorang pembarong dapat mengangkat dadak merak yang beratnya sekitar 30 kilogram dengan menggunakan gigi pada Tari Reog?

reog1
Di dalam tari Reog terdapat beberapa penari, diantaraya pembarong, bujangganong,jatil, warok, prabu klono sewandono. Yang menjadi daya tarik pada Tari Reog yaitu pada penari pembarong, dimana pembarong harus mengangkat dadak merak seberat sekitar 30 kilogram. Menurut anda bagaimana seorang pembarong dapat melakukan itu?

Terdapat beberapa trik dalam mengangkat beban dari dadak merak yang berat tersebut, diantaranya:

  1. Songgo Pundak, yaitu posisi titik berat dari dadak merak kita alihkan pada pundak kita yang tadinya bertitik berat pada kepala dan gigi kita

  2. Songgo Tangan, ini adalah teknik bagi yang masih pemula, dengan menumpukan berat dadak merak tersebut pada kedua tangan dan gigi serta kepala

  3. Songgo Wojo, yaitu teknik pengalihan tumpuhan berat dadak merak saat menari pada gigi dan kepala

  4. Usahakan badan tetap seimbang dengan sedikit merundukkan badan dengan titik berat terletak pada bagian tubuh belakang, serta dengan kuda-kuda kaki yang kuat.

  5. Sebagai tambahan saat latihan, Anda harus bisa mengangkat sebuah meja mini dengan hanya menggunakan gigi Anda dan sering melakukan hand stand sambil menggigit sebuah kayu bambu agar memperkuat daya gigit Anda terhadap kepala singo barong dadak merak.