Bagaimana seorang manager produk menggunakan Roadmap produk untuk mensukseskan produknya?

produk manager
Manager produk (Product Manager) bertanggung jawab untuk keseluruhan strategi, perencanaan & pengembangan, roadmap, dan fitur dari sebuah produk atau lini produk.

Manager produk adalah pusat utama dalam perusahaan yang akan mendapatkan banyak informasi penting tentang produk, pasar, pesaing, pelanggan, prospek, dll. Untuk berhasil, seorang manajer produk harus terus mengumpulkan dan menganalisis data serta intelijen bisnis dari semua sumber baik internal (penjualan dan customer service) maupun eksternal, data ini gunanya untuk menginformasikan evolusi dari Roadmap produk.

Seorang manajer produk juga perlu berinteraksi dengan berbagai stakeholder dan departemen untuk memastikan kesusesan produk yang dibuat, manajer produk perlu menerjemahkan data yang telah masuk untuk membuat keputusan yang dipresentasikan dalam Roadmap.

Terdapat beberapa tindakan yang dilakukan seorang manajer produk guna mensukseskan produk:

  1. Transparan tentang prioritas dan proses Roadmap
    Sebagai manager produk akan banyak menjelaskan “mengapa” kepada stakeholder dan komponen lainnya, seperti Mengapa Anda memprioritaskan satu fitur atau tema daripada hal yang lain dalam merilis produk?. Cara terbaik untuk mendapatkan komponen yang relevan (penjualan, pemasaran, teknik dan eksekutif), seorang manajer produk pemikiran strategisnya harus jelas dan terbuka dengan mengapa dan bagaimana membuat keputusan.

  2. Mampu mengatakan “Tidak”, tapi jelaskan mengapa agar stakeholder paham
    Kemampuan seorang manajer produk dalam mengartikulasikan “mengapa” dan mengatakan “tidak” akan sangat penting ketika seorang eksekutif atau stakeholder meminta fitur baru yang menurut mereka hebat dan sukses, namun permintaan tersebut bisa merusak tujuan strategis Anda untuk produk ini. Untuk mendukung kata “tidak” bisa menggunakan Roadmap produk anda, karena dengan begitu para eksekutif akan lebih menerima dan memahaminya.

  3. Menjadi pembela yang kejam serta menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dan stakeholder
    Terlepas dari anggaran perusahaan, pasti akan ada saatnya untuk menghadapi sumber daya yang terbatas dalam mengembangkan produk. Dengan itu diperlukan manajemen untuk memprioritaskan mana yang penting dan terus menimbang faktor persaingan dari tujuan produk, sumber daya yang terbatas dan tuntutan dari para stakeholder. Jika manajer produk tidak yakin bagaimana menetapkan prioritas atau cara menimbang berbagai faktor dalam mengembangkan Roadmap Anda, Ada beberapa model hebat yang dapat membantu Anda memulai - seperti skor tertimbang dan model Kano.

  4. Menggunakan bukti untuk pengambilan keputusan saat berkomunikasi
    Salah satu ciri utama manajer produk yang sukses adalah kemampuan mereka untuk menjawab “Mengapa” dari banyak pertanyaan yang diberikan stakeholder. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjawab “Mengapa” adalah dengan bukti. Jika memiliki data pengguna, feedback pelanggan dan metrik pada produk Anda, maka Anda sudah memiliki sumber intelijen bisnis yang sangat baik untuk menginformasikan bagaimana cara terbaik untuk membangun Roadmap. Dengan analisis, akan membantu manajer produk untuk membuat keputusan.

Sumber: