© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana Sejarah World Wide Web?

World Wide Web

Istilah World Wide Web erat kaitannya dengan internet yang sekarang sangat dibutuhkan di dunia. Hampir semua kebutuhan akan informasi hingga berkomunikasi pun dapat diakses melalui internet. Sebenarnya bagaimana sih sejarah ditemukannya World Wide Web ini?

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Sumber:

Sejarah Website


Sejarah website pada tahun 1989 Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer berkebangsaaan Inggris yang bekerja pada European Pysics Laboratory (CERN) di Genewa, Swiss, melakukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Dia menggabungkan hypermedia dengan sumber-sumber informasi Internet yang sangat luas. Sebelum ada Website, banyak hal yang dilakukan dalam internet, tetapi tidak ada yang dapat dilakukan dengan mudah. Solusi Berners-Lee adalah teknologi hypertext untuk membentuk sebuah dokumen Website. Tidak seperti buku atau kebanyakan database , Website memiliki banyak kemungkinan informasi ini disembunyikan dengan suatu antar muka hypertext berbasis karakter.

Dokumen Website harus ditulis dalam suatu format khusus yang memungkinkan hypertext saling terjalin untuk dapat bekerja. Format ini adalah Hypertext Markup Language (HTML). HTML adalah bagian dari Standard Generalized Markup Language (SGML). SGML merupakan standar dari Internasional Standards Organization (ISO), untuk mendefinikasikan format pada dokumen sebuah teks. Meskipun SGI ditunjukan untuk desktop publishing , Berners-Lee dan rekan-rekanya mengambil kemampuan hyperlink untuk membentuk dasar dokumen Website yang pertama.

Website


World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan website , merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Informasi Website disebarluaskan melalui hypertext (suatu cara untuk menghubungkan berbagai dokumen di internet), yang dapat memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen yang lainnya. Dengan pendekatan hypertext ini seseorang mendapatkan informasi dengan meloncat dari satu dokumen ke dokumen yang lain. Website adalah gabungan antara publikasi cetak dan pengembangan website , antara marketing dan perhitungan, antara seni dan teknologi, dan antara komunikasi internal dan hubungan dengan pelanggan. Website juga dikenal sebagai sistem yang menghubungkan antar dokumen Hypertext yang ada di internet.

Melalui website , orang-orang dapat mengakses informasi bukan hanya berupa teks, tetapi juga gambar, suara dan film. Untuk menghasilkan website dibutuhkan software yang disebut browser. Penggunaan website sangat meningkat sehingga pentingnya perhatian tentang pengembangan website seperti metode evaluasi untuk memperoleh informasi yang dipercaya tentang kualitas produk dan pengunaan sistematis model, metode, dan alat teknisnya. Telah banyak penelitian yang dilakukan, untuk mendapatkan kualitas website yang baik, walaupun ini bukan pekerjaan mudah, namun pengelola website harus selalu melakukannya supaya user selalu puas pada website yang dikunjungi. Fokus pada kualitas website sudah diperkenalkan pada bidang website engineering.