Bagaimana sejarah sikat gigi?

Bagaimana-Cara-Meletakan-Sikat-Gigi-300x300

Menyikat gigi sudah menjadi rutinitas untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Sikat gigi dirancang sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan untuk membersihkan gigi. Dari mulai bulu sikat, gagang, hingga berbagai pilihan warna untuk membuat tampilannya lebih menarik. Tapi tahukah Anda bahwa bentuk sikat gigi yang biasa kita gunakan sekarang adalah pengembangan dari alat-alat pembersih gigi yang terdahulu? bagaimana sejarahnya?

Dari ranting pohon
Sikat gigi yang tercatat pertama dalam sejarah adalan pada tahun 3000 SM. Pada masa itu, ranting tanaman-tanaman tertentu digunakan untuk membersihakan gigi. Hal ini dipraktekkan oleh bangsa Romawi dari Yunani Kuno.

Memakai Tulang
William Addis, seorang narapidana asal Inggris ini ditangkap karena menjadi penyebab kerusuhan. Saat dipenjara dia merasa bahwa bentuk sikat gigi saat itu yang menggunakan kain kasar yang sudah diolesi garam dan karbol pada gigi, masih bisa dikembangkan. Dia lalu mencari sebuah tulang kecil, dan membuat lubang ditengahnya. Beberapa helai bulu kasar dikaitkan jadi satu lalu dimasukkan ke dalam lubang tadi dan di lem. Dari penemuan inilaih akhirnya William memproduksi sikat gigi secara besar-besaran pada tahun 1780, dan sangat laku di masyarakat.

Plastik dan Nilon
Pada tahun 1937 nilon ditemukan oleh Wallace H.Carothers di Du Pont Laboteries, Nemour Amerika. Penemuan nilon ini memicu perubahan bahan yang digunakan untuk dijadikan sikat gigi pada tahun 1938. Gagang tulangnya pun diganti dengan menggunakan plastik yang sudah ditemukan beberapa waktu sebelumnya.

Sikat Elektrik
Tahun 1959 dalam acara Asosiasi Dokter Gigi Amerika, sebuah perusahaan bernama Brostol-Myers Company memperkenalkan The Broxodent, sikat gigi elektrik pertama. Sejak itu perkembangan sikat gigi elektrik pun semakin pesat.