Bagaimana sejarah perkembangan pemrograman sampai detik ini?

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika. Bagaimana sejarah perkembangan pemrograman?

Apa itu Pemrograman?
Proses mengembangkan dan mengimplementasikan beberapa set instruksi yang memungkinkan computer untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Apa itu Program?
Sebuah seri dari instruksi computer yang dimengerti oleh manusia yang bisa dibaca oleh sebuah compiler atau linker

Sejarah Programming

1842-1843
Sekitar tahun 1842-1843, program komputer pertama diciptakan oleh Ada Lovelace. Ia adalah orang pertama yang menyadari bahwa komputer memiliki aplikasi di luar perhitungan murni. Ia menciptakan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk dilakukan oleh komputer. Akibatnya, ia sering disebut sebagai orang pertama yang mengenali potensi penuh dari komputer, dan juga programmer pertama.

Pada tahun 1940an, komputer modern bertenaga listrik diciptakan. Dengan kecepatan yang terbatas, juga kapasitas memory kecil memaksa programmer untuk menulis tangan bahasa pemrograman. Akhirnya disadari bahwa membutuhkan banyak usaha intelektual untuk melakukan pemrograman.

1943-1945
Bahasa pemrograman pertama di desain untuk mengkomunikasikan unstruksi kepada komputer, ditulis pada tahun 1950an. Bahasa pemrograman yang pernama Plankalkül, diciptakan oleh orang Jerman bernama Konrad Zuse, tetapi tidak diimplementasikan sampai tahun 1998 dan 2000.

1949
Short Code oleh John Mauchly, yang dikembangkan pada tahun 1949, adalah salah satu bahasa yang memiliki tingkat tinggi pertama yang pernah diciptakan untuk komputer elektronik.

1952
Manchester Mark 1 oleh Alic Glennie, dianggap sebagai program tingkat tinggi pertama yang sudah di compile. Berfungsi mengubah suatu bahasa ke kode mesin.

1957
Fortran oleh John Backus, bahasa pemrograman tertua yang masih digunakan sampai sekarang. Digunakan oleh NASA. Untuk komputasi numerik dan saintifik.

1959
COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Short Range Committee, adalah bahasa pemrograman pertama yang diamanatkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Digunakan untuk komputasi bisnis. Dipakai oleh kartu kredit dan ATM.

1964
BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code) oleh John George Kenny dan Thomas Eugene Kurtz, didesain untuk kesederhanaan. Banyak game komputer yang ditulis menggunakan BASIC

1970
PASCAL oleh Niklaus Wirth, dinamakan berdasarkan Blaise Pascal. Diciptakan untuk mengajarkan pemrograman berstruktur dan structural data. Sering digunakan untuk aplikasi Windows seperti Skype.

1972
C oleh Dennis Ritchie. Salah satu bahasa pemrograman terpopuler sedunia. Banyak bahasa pemrograman yang dihasilkan dari C, seperti C#, Java, JavaScript, Perl, PHP, dan Python.

1980
ADA oleh Jean Ichbiah, dinamakan berdasarkan Ada Lovelace. Berasal dari Pascal. Diciptakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak besar (NASA dan NSTAR). Sering digunakan oleh Departemen Pertahanan, transportasi, manufaktur, dll.

1983
C++ oleh Bjarne Stroustrup, sebelumnya bernama C dengan kelas. Merupakan ekstensi dari C, dengan peningkatan seperti class, fungsi virtual, dan tempelates. Sering digunakan untuk aplikasi komersial dan perangkat lunak tertanam, game, dan aplikasi server/client.
Dipakai oleh Adobe, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Internet Explorer.

1991
Python oleh Guido Van Rossum, dinamakan berdasarkan grup komedi Monty Python. Diciptakan untuk mendukung berbagai gaya pemrograman dan seru untuk digunakan. Sering digunakan untuk aplikasi web, pengembangan perangkat lunak, dan keamanan informasi. Dipakai oleh Google, Yahoo, dan Spotify.

1993
Ruby oleh Yukihiro Matsumoto, didesain untuk pemrograman yang produktif dan menyenangkan. Sering digunakan untuk pengembangan aplikasi Web. Dipakai oleh Twitter, Hulu, dan Groupon.

1994
Java oleh James Gosling, diciptakan awalnya untuk proyek interaktif TV. Mempunyai fungsi Cross-platform. Bahasa pemrograman popular kedua setelah Python. Sering digunakan untuk pemrograman jaringan, pengembangan perangkat lunak. Dipakai oleh Android.

1995
PHP oleh Rasmus Lerdorf. Diciptakan awalnya untuk membuat halaman Web yang dinamik. PHP juga open source. Sering digunakan untuk membuat atau mempertahankan kedinamisan halaman Web. Dipakai oleh Facebook, Wikipedia, Digg, WordPress, dan Joomla.

1996
JavaScript oleh Brendan Eich, diciptakan untuk mengekstensi fungsi halaman Web. Sering digunakan untuk mengembangkan Web dinamis, dokumen PDF, Web browser, dan widget dari desktop. Dipakai oleh Gmail, Adobe Photoshop, dan Mozilla Firefox.

Sekarang
Evolusi bahasa pemrograman masih berjalan, di dunia industry maupun riset, beberapa tren seperti:
• Meningkatkan dukungan untuk pemrograman fungsional dalam bahasa mainstream yang digunakan untuk komersial, termasuk pemrograman fungsional murni agar membuat kode menjadi lebih mudah.
• Membangun untuk mendukung pemrograman yan kongruen dan terdistribusi
• Integrasi dengan database, seperti XML.
• Riset untuk bahasa pemrograman komputasi kuantum.


Seperti yang kita ketahui, Bahasa Pemrograman terus berkembang demikian pesat, bahkan hingga saat ini. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya bahasa pemrograman yang bermunculan. Bahasa pemrograman memiliki macam-macam jenis, mulai dari PHP, Java, C dan lain-lain. Kemunculan bahasa-bahasa ini tentunya juga dipengaruhi perkembangan teknologi dan kebutuhan teknologi itu sendiri.
Disini akan membahas tentang sejarah dan perkembangan pemrograman

Plankalkul (1940an)

Pada tahun 1935. Seorang ilmuan Jerman bernama Konrad Zuse mengembangkan komputer Z-1, komputer inilah yang menjadi awal mula diterapkannya sistem biner dalam kinerjanya. Lalu, barulah pada tahun 1940-an, komputer bertenaga listrik dibuat. Dengan kecepatan yang sangat terbatas dan kapasitas memori yang mencukupi untuk programmer memprogram, kemudian terciptalah bahasa assembly (Assembly language). Bahasa assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly.

Pada tahun 1948, Konrad Zuse mempublikasikan sebuah paper tentang bahasa pemrograman miliknya yakni Plankalkül. ‘Plankalkul’, Bahasa pemrograman komputer pertama yang lahir di dunia. Namun, bahasa tersebut tidak digunakan pada masanya dan terisolasi terhadap perkembangan bahasa pemrograman yang lain. Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang pada masa itu antara lain:

  • Plankalkul – 1943
  • ENIAC coding system – 1943
  • C-10 – 1949

(1950-an hingga 1960-an) Modern

Mulai tahun 1950, dibuatlah bahasa pemrograman modern, yang turun-temurun tersebar luas hingga saat ini. Bahasa ini menggunakan istilah atau reserved word yang dekat dengan bahasa manusia seperti READ untuk membaca, WRITE untuk menulis dsb. Dalam perkembangannya, Bahasa Tingkat Tinggi juga terdiri dari beberapa metode pemrograman, yaitu Procedural Programing dan Object Oriented Programing.

Rincian Bahasa Pemrograman yang berkembang pada masa itu:

  • Regional Assembly Language – 1951
  • Autocode – 1952
  • FORTRAN – 1954
  • FLOW-MATIC – 1955
  • COMTRAN – 1957
  • LISP – 1958
  • ALGOL – 1958
  • COBOL – 1959
  • APL – 1962
  • SIMULA – 1962
  • BASIC – 1964
  • PL/I -1964

Paradigma Fundamental (1967-1978)

Periode diantara tahun 1960-an sampai dengan 1970-an membawa pengaruh yang besar dalam perkembangan bahasa pemrograman.

Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang dalam periode ini:

  • Forth – 1970
  • SQL – 1978

1980-an Konsolidasi, Modul dan Performa

Periode ini adalah tahun dari konsolidasi relatif. C++ dikombinasikan dengan sistem programming dan berorientasi obyek. Pemerintah Amerika Serikat menstandardisasi Ada, sebuah sistem pemrograman yang bertujuan untuk digunakan para kontraktor untuk bertahan. Di Jepang dan di tempat lain, penjumlahan luas yang telah di selidiki disebut-sebut generasi kelima bahasa-bahasa yang menyatukan logika pemrograman konstruksi.

Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang dalam periode ini termasuk:

  • Ada – 1983
  • C++ – 1983
  • Eiffel – 1985
  • Perl – 1987
  • FL (Backus) – 1989

Visual (1990-an)

Pada periode ini bahasa selain berorientasi objek juga sudah dikembangkan berbasi Visual sehingga semakin mudah untuk membuat program aplikasi, diawali oleh Python dan Microsoft Visual Basic 1 pada tahun 1991, Delphi yang dikembangkan dari Pascal for windows akhirnya pada tahun 1997 Visual Basic 5 diluncurkan dengan kemudahan koneksi ke database, OO Cobol sudah ditemukan dalam versi windows.

Bagi kebanyakan programmer database tidak dapat dipungkiri bahwa era 1990-an merupakan era yang paling produktif semenjak bahasa pemrograman diciptakan.

Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang dalam periode ini adalah:

  • Haskel – 1990
  • Python – 1991
  • Java – 1991
  • Ruby – 1993
  • OO Cobol
  • Lua – 1993
  • ANSI Common Lisp – 1994
  • JavaScript – 1995
  • PHP – 1995
  • C# – 2000
  • JavaFX Scrip, Live Script
  • Visual Basic

(Abad ke 21) Sekarang

Pada saat ini ada kecenderungan para vendor bahasa pemrograman untuk menggiring programmer hanya dengan mengggunakan produk mereka untuk membuat program meski kita sadari bahwa sulit rasanya untuk membuat program yang tangguh hanya dengan satu bahasa pemrograman, hal ini tentunya dilakukan dengan tujuan kelangsungan usaha mereka, namun terlepas dari semua itu terdapat dua konsepsi besar dalam periode ini dimana kemudahan berbasis visual sudah mulai digiring ke basis internet dan mobile, dengan bermunculan webservice dan berbasis net dan a mobile flatform.

Konsep pertama yang dicermati adalah konsepsi Microsoft dimana dengan Visual Net akan menyediakan berbagai bahasa pemrograman seperti VB Net , VC++ Net, ASP NET yang di compile dengan berbagai bahasa akan tetapi berjalan pada satu sistem operasi yakni windows. (Compile any program run one system)

Konsepsi Kedua, Merupakan konsep yang terbalik dari konsep pertama yakni apa yang ditawarkan Sun Microsystem melalui produknya Java, J2ME, JDK, yakni dicompile dengan satu bahasa pemrograman (java) dan berjalan dibanyak sistem operasi. (Compile one program running any system).

Selain itu periode ini juga merupakan jamannya CMS (Content Manajemen System), lompatan pengembangan PHP Script begitu cepat, dimana untuk membuat website atau portal telah tersedia banyak template, Banyak modul-modul yang siap pakai sehingga programmer atau webmaster tidak perlu lagi mempelajari semua script html dan bahasanya, tinggal merangkai modul yang tersedia sehingga dalam beberapa hari saja sebuah web sudah dapat dibuat. Apa yang ditawarkan Mambo, PhkNuke dan Jomla saat ini sangat memudahkan para desainer web.

Beberapa bahasa pemrograman yang berkembang dalam periode ini:

  • Tcl/Tk
  • O’Caml
  • Ruby
  • Phyton 3.1
  • Java 6 JDK, JED, Java Beans, J2ME
  • Microsoft Visual Net (VB Net, C++ Net, ASP NET) 2008
  • Java Scrip Template oleh Mambo, PhpNuke, Jomla

Melihat penjabaran diatas, dapat kita ketahui bahwa untuk membuat sebuah sistem di komputer, maka diperlukan sebuah alat (tools) yang kita sebut sebagai bahasa pemrograman. Terlintas dibenak kita saat ini adalah “Alat yang dibuat untuk membuat program (sistem) disebut sebagai bahasa pemrograman”, sehingga Program-Program seperti Macro/Turbo Assembly, Turbo C, Microsft Visual C++, C++ Builder, Microsoft Visual Basic, Delphi dsb digunakan untuk membuat aplikasi, bukan sebagai aplikasi untuk mengolah data seperti Microsoft Excel, SPPS dsb.

.
Source : http://anamblogpost.blogspot.co.id/2012/12/sejarah-dan-perkembangan-bahasa.html

Sejarah Pemrograman


Tantangan besar untuk komputasi awal adalah memikirkan bagaimana cara memodulasi logika dan perhitungan matematis. Kemajuan teknologi—menciptakan komponen baru dan membuat miniaturasinya—datang belakangan. Komputer pertama dibuat dari roda gigi, dan didukung oleh engkol tangan.

Tapi permasalahan dengan mesinnya adalah hanya ia bisa memecahkan satu jenis masalah. Untuk menggeneralisasi kegunaan kalkulator mekanis ini, dibutuhkan dua jenis input —data dan pemrograman. Mesin baru teoretis Babbage, Mesin Inferensi, memecahkan masalah itu.

Meskipun Mesin Inferensi Babbage tidak pernah dibangun pada masa hidupnya, program komputer pertama ditulis untuk dijalankan di dalamnya. Ada Lovelace, seorang Countess dan hobbyist mathematician, menulis program untuk perangkat perhitungan Babbage.

Pemrograman Modern


Pada abad ke-20, pemrogramman menjadi sebuah ilmu yang berkembang dengan baik. Hal ini menyebabkan perkembangan bahasa pemrograman modern.

Ada beberapa ide yang bersaing tentang sifat pemrograman komputer dan bagaimana bahasa harus terstruktur. “Pemenangnya” ternyata merupakan serangkaian gagasan yang dipromosikan oleh John von Neumann –gagasan yang mencakup struktur kontrol logis seperti IF dan LOOP.

Arsitektur “von Neumann” inilah yang memungkinkan munculnya pemrograman seperti yang kita kenal sekarang dan pengembangan program komputer tingkat tinggi. Ini telah mendominasi logika dan struktur setiap bahasa pemrograman utama sejak saat itu.

Timeline


1801
Alat tenun Jaquard, yang menggunakan kartu punch untuk menyimpan desain tenun, ditemukan. Gagasan untuk menyimpan data pada kartu kertas yang dipukul kemudian mempengaruhi desain komputer. Komputer pertama diprogram dengan kartu punch, dan kartu punch terus digunakan pada beberapa jenis komputasi sampai tahun 1980an.

1842
Ada, Countess dari Lovelace, mengembangkan sebuah algoritma untuk Charles Babbage’s Analytical Engine. Algoritma menghitung bilangan Bernoulli, hal itu menjadikan Ada seorang pemrogram komputer pertama di dunia.

1942
Komputer Atanasoff-Berry (ABC) pertama kali diuji. Ini dipikirkan pada tahun 1937 dan kemudian dibangun oleh profesor Iowa State University John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Clifford Berry. Bisa dibilang komputer digital elektronik pertama. Seperti komputer awal lainnya, ada banyak keterbatasan. Secara khusus, itu tidak bisa diprogram.
Komputer ENIAC dikembangkan oleh Pemerintah A.S. Ini hanya bisa diprogram dengan presetting switch dan rewiring system.

1943–1944
Plankalkul, sebuah bahasa yang di desain untuk rekayasa sebuah karya matematika, dikembangkan oleh Konrad Zuse.

1945
John Von Neumann, yang bekerja di Institute for Advanced Study, membayangkan dua gagasan yang mengubah jalannya pemrograman komputer. Ide pertama adalah bahwa perangkat keras sederhana harus dikendalikan dengan instruksi yang rumit - bahwa “program” harus berubah tanpa mengubah perangkat kerasnya. Ini memungkinkan struktur IF, ELSE dan LOOP ditulis ke dalam program komputer.

1949
Kode Pendek, bahasa pemrograman pertama, dikembangkan berdasarkan gagasan Von Neumann. Sayangnya, itu harus “dikompilasi dengan tangan” —yaitu seseorang harus menerjemahkan program ini ke dalam biner (1s dan 0s) dengan tangan.

1951
Grace Hopper, bekerja untuk Remington Rand, memulai pengembangan kompiler untuk Shortcode yang secara otomatis menerjemahkan (“compiles”) kode ke dalam biner.

1952
AUTOCODE, kompilator awal, dikembangkan oleh Alick E. Glennie. Dia bekerja di dalamnya di waktu luangnya saat kuliah di University of Manchester.

1954
Spesifikasi draft untuk FORTRAN, bahasa pemrograman pertama yang digunakan secara luas, selesai. Tim yang mengembangkan FORTRAN dikepalai oleh John Backus, yang kemudian bekerja di ALGOL dan BNF. FORTRAN masih digunakan sampai sekarang.

1957
-Kompilator FORTRAN pertama dirilis.
-Kompiler Kode Pendek yang dikembangkan oleh Grace Hopper dirilis oleh Remington Rand dengan nama MATH-MAGIC.

1958
-Pekerjaan dimulai pada LISP, sebuah bahasa yang terkait erat dengan perkembangan Artificial Intelligence. Versi LISP masih banyak digunakan saat ini.
-Spesifikasi pertama untuk ALGOL dilepaskan.

1959
Konferensi Sistem Data dan Bahasa (CODASYL) menciptakan COBOL.

1960
Bahasa yang berstruktur block pertama, ALGOL 60, dibuat available.

1962
APL, sebuah bahasa dengan set karakter uniknya sendiri, yang membutuhkan keyboard atau perangkat inputnya sendiri, dirilis oleh Kenneth Iverson. : FORTRAN IV dirilis.

1964
-APL60, sebuah Terminal System untuk APL, dilepaskan.
-BASIC, bahasa pemrograman yang dirancang untuk membantu orang belajar menulis program komputer, ditemukan di Dartmouth University oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz.

1965
Logika fuzzy diperkenalkan oleh Lotfi A. Zadeh. Cabang logika dan perhitungan ini nantinya lalu digunakan untuk mengendalikan kereta api berkecepatan tinggi di Jepang, helikopter angkatan laut, dan kamera fokus otomatis —di antara banyak sistem kontrol lainnya.

1966
-FORTRAN 66 dirilis.
-LISP 2 dirilis.

1968
-ALGOL 68 disetujui oleh panitia spesifikasi yang mengawasi bahasa tersebut, terlepas dari keberatan dari beberapa anggota komite. ALGOL 68 jauh lebih kompleks daripada ALGOL 60, dan ternyata sangat sulit untuk diimplementasikan.
-ALTRAN, varian FORTRAN, menjadi tersedia.
-ANSI, American National Standards Institute, secara resmi mendefinisikan COBOL.
-Work mulai membuat Pascal.
-Simula, bahasa pertama yang menggunakan konsep berorientasi objek, dikembangkan.
awal 1970-an
-Work mulai pada sejumlah bahasa pemrograman baru, termasuk Forth, Prolog, dan Smalltalk. Pengembangan Smalltalk mengarah pada kodifikasi konsep pemrograman berorientasi objek.

1972
-Naskah Konrad Zuse yang menggambarkan Plankalkül diterbitkan, tiga puluh tahun setelah dia mengembangkannya.
-C, bahasa yang akan mendominasi pengembangan sistem operasi, dikembangkan oleh Dennis Ritchie.
-Prolog diimplementasikan oleh Alain Colmerauer dan Phillip Roussel.

1974
-Manual referensi definitif untuk C diterbitkan.
-ANSI merilis spesifikasi COBOL lainnya.

1975
-Implementasi BASIC, yang disebut “Tiny BASIC,” dikembangkan yang dapat berjalan pada 2 KB RAM. Ini membuat 2 KB tersedia untuk sebuah program yang bisa dijalankan di komputer mikro 4 KB yang khas.
-Bill Gates dan Paul Allen mulai menjual versi BASIC mereka ke MITS, untuk digunakan di komputer mikro Altair mereka.
-Skema dialek LISP dikembangkan oleh G.L Steele dan G.J. Sussman
-Manual referensi definitif untuk Pascal, Manual dan Laporan Pengguna Pascal, diterbitkan.

1976
Bahasa Design System dirilis. Bahasa ini memiliki dampak yang besar pada PostScript.

1977
Spesifikasi ANSI pertama untuk MUMPS, yang kemudian diganti namanya menjadi M, dirilis. Bahasa ini dirancang untuk menangani data Medical Records dan hanya mengenali tipe data string.

1978
-Bahasa pemrosesan teks Awk dilepaskan. Dinamai menurut para pengembangnya: Aho, Weinberger, dan Kernighan.
-ANSI merilis spesifikasi untuk FORTRAN 77.

1980
-Smalltalk-80, Modula-2, dan Franz LISP dirilis.
-Versi awal dari apa yang akan menjadi C + +, disebut “C with Classes” dikembangkan oleh Bjarne Stroustup.

1981
Work memulai mengerjakan Common LISP dan Prolog.

1982
ISO Pascal dan PostScript dirilis.

1983
-Smalltalk-80: Bahasa dan Implementasinya dipublikasikan.
-DoD mulai menggunakan Ada untuk semua aplikasi “Mission Critical” baru. Bahasa ini dinamai Ada, Countess of Lovelace, programmer komputer pertama.
-C compilers pertama untuk microcomputers dirilis.
-Implementasi pertana dari C++ muncul.
-Turbo Pascal dirilis.
-Objective-C dirilis.

1984
Sebuah referensi manual untuk APL2 dirilis.

1985
-Bangkai kapal Titanic ditemukan, menggunakan kapal selam yang dikuasai oleh Forth.
-Metode, versi Smalltalk, dirilis.

1986
-Versi pertama Smalltalk yang tersedia untuk mikrokomputer, Smalltalk / V, dirilis.
-Object Pascal untuk Mac dirilis oleh Apple.
-Turbo Prolog dirilis.
-Aktor dan Eiffel, kedua bahasa berorientasi objek, dirilis.

1987
Perl ditemukan.

1988
-Spesifikasi CLOS (Common LISP Object System) diterbitkan.
-Niklaus Wirth, yang mengembangkan Modula-2, menyelesaikan pekerjaan di Oberon.

1989
-ANSI menerbitkan spesifikasi C.
-Draf referensi C ++ 2.0 dirilis. Versi ini menambahkan multiple inheritance, beserta fitur lainnya.

1990
-Annotated C ++ Reference Manual, yang rinciannya C ++ 2.1, diterbitkan.
-Fortran 90 dirilis. Selain beberapa fitur baru, versi ini juga mengubah ejaannya dari ALL-CAPS.

1991
-Visual Basic diperkenalkan.
-HTML dideskripsikan untuk pertama kalinya, oleh Tim Berners-Lee.
-Pekerjaan dimulai di Java.
-Python ditemukan.

1992
Dylan dirilis oleh Apple.

1993
-ANSI mengeluarkan draft proposal untuk COBOL berorientasi objek. Standar tersebut seharusnya dilepaskan pada tahun 1997, namun belum selesai sampai tahun 2002.
-Spesifikasi publik pertama HTML tersedia.

1994
-Microsoft menambahkan Visual Basic pada Excel.
-Dave Wood dan Moti Schneider menyajikan sebuah makalah proof-of-concept di Kongres Dunia IEEE tentang Kecerdasan Komputasi, menggunakan alat Fuzzy Expert System Tools FEST untuk memimpin pendaratan helikopter.
-PHP ditemukan.

1995
-Ada 95 dirilis, menambahkan support untuk sistem OOP dan real-time.
-HTML 2.0 dirilis.
-Implementasi publik pertama Java dirilis.
-JavaScript ditemukan. Ini dikembangkan dalam kurun waktu hanya 10 hari, oleh Brendan Eich.
-Ruby ditemukan.
-The Gang of Four mempublikasikan Pola Desain: Elemen Perangkat Berorientasi Objek Reusable.

1997
-HTML 4.0 dirilis.
-PHP 3.0, versi pertama bahasa yang bisa dikenali pengguna kontemporer, dirilis.
-ECMA merilis standar JavaScript (ECMAScript) pertama.

1998
-ISO merilis C++ standard pertama.
-HTML 4.0 diluncurkan kembali tanpa peningkatan versi-angka.

2002
Scratch, bahasa pemrograman visual yang dirancang untuk mengajarkan konsep pemrograman, dirilis.

2004
PHP 5, dirilis.

2007
-Kelompok Kerja Manifesto SOA menerbitkan Manifesto SOA, merinci serangkaian tujuan dan prinsip untuk Service Oriented Architecture.
-Clojure, dialek Lisp, dirilis.

2009
-Google merilis Go.
-CoffeeScript, perluasan JavaScript yang menambahkan konsep yang dipinjam dari Ruby dan Python, dirilis.

2010
Rust, disponsori oleh Mozilla, dirilis.

2013
Google merilis Dart.

2014
-HTML5 diterbitkan sebagai rekomendasi W3C.
-Apple merilis Swift, berdasarkan Objective-C.
-Facebook merilis Hack, berdasarkan PHP.

Sources

https://www.whoishostingthis.com/resources/programming/